Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Prodi Statistika dan Sains Data, Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Kompas.com - 07/03/2024, 18:49 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 yang mau kuliah tahun 2024, perlu tahu berbagai jurusan atau program studi yang tersedia di perguruan tinggi incaranmu.

Jika kamu ingin kuliah di IPB (Institut Pertanian Bogor), ada program studi (prodi) yang bisa kamu pilih karena prospek kerjanya cukup bagus setelah lulus.

Prodi tersebut adalah Statistika dan Sains Data. Prodi ini prospek kerjanya cukup menjanjikan karena di era digital dan informasi yang terus berkembang, kebutuhan akan para ahli statistika dan data scientist juga semakin meningkat.

Sehingga prodi tersebut bisa menjadi pilihan bagus dalam menentukan masa depan karier. Prodi Statistika dan Sains Data IPB University merupakan prodi sarjana (S1) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional, Diplomat hingga Ekspor-Impor

Prospek kerja Prodi Statistika dan Sains Data IPB

Dilansir dari laman IPB, Kamis (7/3/2024) ada beberapa keunggulan Prodi Statistika dan Sains Data antara lain luasnya jejaring kerja sama yang kuat, baik dengan industri maupun instansi pemerintah.

Karena itu, prodi ini membuka lebar kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja lewat program magang yang terstruktur.

Sebagai informasi bahwa Prodi Statistika dan Sains Data IPB University juga telah terakreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Salah satu lulusan terbaik dari FMIPA IPB University yang berasal dari Prodi Statistika dan Sains Data, Arifah Afdila Atmaja, berbagi pengalaman tentang fleksibilitas ilmu statistika.

"Dengan ilmu yang saya peroleh selama berkuliah di IPB University, akhirnya mengantarkan cita-cita saya untuk menjadi seseorang yang ahli di bidang data," terang Arifah seperti dikutip dari laman IPB.

Selama berkuliah, Arifah juga menyempatkan diri untuk mengikuti magang di beberapa perusahaan sebagai data analyst intern.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Silvikultur di IPB? Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya

Pengalaman tersebut memberikan banyak dorongan dalam dirinya untuk terus mengembangkan diri.

Di prodi ini, mahasiswa akan belajar mengembangkan ilmu statistika, analitika dan sains data dalam pengumpulan dan pengolahan data.

Mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu terkait penggalian informasi berbasis analisis data dan pemodelan, hingga penyajian hasil analisis data untuk penarikan kesimpulan secara sah.

Prospek kerja lulusan Prodi Statistika dan Sains Data IPB sangat menjanjikan. Dengan landasan ilmu yang kuat, memungkinkan lulusannya untuk mencari peluang karier di berbagai sektor. Lulusan Prodi Statistika dan Sains Data bisa menekuni beberapa profesi berikut:

  • Menjadi seorang ahli statistik/statistician
  • Peneliti
  • Research executive
  • Junior researcher
  • Research assistant di perusahaan konsultan bisnis
  • Marketing research
  • Lembaga pemerintah
  • Berbagai lembaga survei opini publik.

Selain itu, lulusan Prodi Statistika dan Sains Data IPB juga dibutuhkan sebagai data scientist, business analyst, customer analytics di perusahaan startup, marketplace, perusahaan telekomunikasi, bank dan banyak perusahaan multinasional.

Posisi lainnya termasuk data analyst, executive data processing, dan market analyst di perusahaan manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa keuangan dan asuransi, serta konsultan bisnis.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Referensi Daftar SPAN PTKIN 2024

Itulah informasi mengenai prospek kerja Prodi Statistika dan Sains Data di IPB. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di IPB, bisa menjadikan prodi tersebut sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com