Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa KIP Kuliah Bergaya Hidup Mewah, UB: Seleksi Sudah Berlapis

Kompas.com - 11/05/2024, 18:30 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) angkat bicara mengenai mahasiswanya yang menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang ternyata memiliki gaya hidup mewah.

Menurut Kepala Subdirektorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa UB Ilhamuddin semua proses seleksi KIP Kuliah sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Kalau di internal Universitas Brawijaya seleksinya sebenarnya sudah sangat berlapis dalam arti apa? Data yang sudah kita unduh kemudian kita sortir untuk menentukan kelayakan dia sebagai penerima KIP Kuliah," kata Ilhamuddin dalam acara Obrolan Newsroom di YouTube Kompas.com, Senin (10/5/2024).

Ilham menjelaskan, seleksi KIP Kuliah di UB disortir berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca juga: UB Cek Ulang Mahasiswa yang Palsukan Data Beasiswa KIP Kuliah

UB sudah lakukan verifikasi hingga visitasi

Selain itu, data juga akan diambil dari daftar penerima Program Indonesia Pintar (PIP) di sekolah menengah untuk kemudian dilanjutkan di perguruan tinggi.

Setelah selesai disortir, baru kemudian UB melakukan proses verifikasi langsung dengan datang ke rumah pendaftar yang dipilih secara acak.

Namun, lanjut Ilham, verifikasi langsung hanya bisa dilakukan bagi pendaftar yang berdomisili di Jawa Timur atau satu lokasi dengan UB.

"Visitasi yang kami lakukan secara langsung itu masih bisa kami lakukan di sekitaran Jawa Timur. Artinya, data yang di luar Jawa Timur itu kami percaya saja pada itu kita percaya saja pada data yang ada. Sampai clear semuanya baru kita ajukan sebagai penerima KIP Kuliah," jelas Ilhamuddin.

Baca juga: KIP Kuliah Dinilai Salah Sasaran, Pakar Unair Sarankan Hal Ini

Selain itu, UB berencana melakukan verifikasi data terkait sejumlah informasi yang beredar di media sosial mengenai mahasiswa penerima KIP Kuliah yang bergaya hidup mewah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr. Setiawan Noerdajasakti mengatakan, evaluasi ini akan melalui tiga tahap.

"Kami akan melakukan evaluasi ulang kelayakan mahasiswa sebagai penerima KIP Kuliah. Ada tiga tahapan proses yang akan dilakukan.

Pertama, mendata dan mengidentifikasi nama-nama mahasiswa yang beredar di media sosial sekaligus nama-nama yang terlapor melalui UB-Care.

Kedua, melanjutkan proses evaluasi penerima KIP Kuliah yang secara rutin dilaksanakan tiap semester. Dan ketiga, memanggil mahasiswa-mahasiswa yang terlapor untuk evaluasi lebih lanjut.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu viral di media sosial sejumlah penerima KIP kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) yang memamerkan kekayaan.

Baca juga: Benarkah Anggota DPR Dapat Kuota 20 Persen Beasiswa KIP Kuliah?

Beberapa PTN yang dibuka oleh para netizen ini antara lain Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan salah satunya mahasiswa Universitas Brawijaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com