Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Kenalkan Kebudayaan Lewat Program Seniman Masuk Sekolah

Kompas.com - 26/04/2024, 16:37 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus berupaya untuk mengenalkan budaya dan kesenian Indonesia ke sekolah.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, upaya itu dilakukan salah satunya melalui program seniman masuk sekolah.

Seniman masuk sekolah adalah, program yang dilakukan Kemendikbud Ristek untuk membawa seniman-seniman di daerah datang ke sekolah dan memberikan pengetahuan tentang seni dan budaya.

"Kami punya program gerakan seniman masuk sekolah. Membawa seniman-seniman di lokalnya masing-masing mengajar di sekolah temtu bukan bagian dari kurikulum, bagian dari ekstrakurikuler dan diakhir kegiatan itu mereka bikin project bersama anak-anak," kata Hilmar saat berbincang dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Institut Seni Terbaik di Indonesia Menurut Webometrics

Menurut Hilmar, program seniman masuk sekolah sangat efektif untuk mengenalkan seni dan budaya pada anak sekolah karena bersifat pelibatan langsung.

Hingga akhirnya program tersebut diadaptasi oleh pemerintah daerah sendiri tanpa bantuan dana dari pemerintah pusat, tetapi dari dana mandiri daerah.

"Kami lihat banyak kabupaten kota yang mengambil program ini, jadi membiayai sendiri. Kami cuman memulai," ujarnya.

Selain melalui program seniman masuk selokah, Kemendikbud juga memberdayakan sekolah dan guru penggerak untuk mengenalkan budaya dan kesenian.

Baca juga: Pelaku Seni Minta Pemerintah Tetap Pertahankan Dana Abadi Kebudayaan

Sekolah dan guru penggerak mengenalkan kesenian dan kebudayaan lewat pelajaran kesenian yang akan diterima para murid dan diakhir pelajaran juga akan ada target untuk membuat suatu project kesenian.

"Jadi melihat nah ini mungkin yang penting, pelajaran kesenian itu bukan membuat anak jadi seniman, syukur kalau dia jadi, itu bonus kami hitung," ungkapnya.

Baca juga: Lebih Sekadar Kesenian, Budayawan Halim HD Jelaskan Urgensi Kementerian Kebudayaan

Hilmar menekankan, tujuan utamanya sebagai metode memperkenalkan banyak hal di dunia ini melalui jalan kesenian dan itu biasamya melekat di anak-anak karena diajak langsung terlibat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com