Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pendidikan Holistik, Sekolah Pribadi Bandung Gelar Festival Sains dan Seni

Kompas.com - 28/02/2024, 09:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Pribadi Bandung kembali menggelar kegiatan Festival Sains dan Seni bertajuk "A Showcase of Talents and Imagination" pada 19-23 Februari 2024 yang diikuti siswa SD, SMP dan SMA Sekolah Pribadi.

Ada beberapa kegiatan diadakan dalam gelaran tahun ini di antaranya; English Competition, Science Competition, Social Science Competition, STEAM Exhibition, dan Performance Day.

Untuk kompetisi atau lomba terbagi atas Battle of Brains untuk tingkat SD, Spelling Bee, Fiction Writing dan Storytelling untuk SMP, serta Story Telling dan Opinion Essay Writing untuk SMA.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Willy Juanggo melalui rilis resmi (26/2/2024) menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Sekolah Pribadi dalam memberikan pendidikan holistik yang menumbuhkan keunggulan akademik dan pengembangan karakter siswa.

"Dengan fokus pada inovasi dan kreativitas, sekolah ini menciptakan lingkungan belajar yang dinamis yang mempersiapkan siswa untuk sukses di dunia modern," tambah Willy.

Willy juga menjelaskan, tema "A Showcase of Talents and Imagination" dipilih dengan harapan dapat menjadi sarana bagi siswa mengembangkan kompetensi dan kreativas mereka. 

“Mengusung tema A Showcase of Talents and Imagination diharapkan kegiatan ini bisa mewadahi semua kreativitas dan ide-ide positif dari siswa-siswi Sekolah Pribadi Bandung,” ujarnya.

Sekolah Pribadi Bandung kembali menggelar festival sains dan seni bertajuk A Showcase of Talents and Imagination pada 19-23 Februari 2024.
DOK. SEKOLAH PRIBADI Sekolah Pribadi Bandung kembali menggelar festival sains dan seni bertajuk A Showcase of Talents and Imagination pada 19-23 Februari 2024.

Kepada Kompas.com Willy menyampaikan sebelumnya sepanjang tahun Sekolah Pribadi Bandung memiliki kegiatan "Subject Week" di sepanjang tahun, misal Bahasa Indonesia Week di bulan Oktober, English Week di bulan November, bulan Januari ada Math Week, dan selanjutnya.

Untuk efektifitas dan efisiensi, maka sekolah dengan kurikulum Cambridge pada tahun ini memutuskan penyelenggaraan Subject Week digabungkan dalam kegiatan Festival Sains dan Seni ini.

Willy menjelaskan, Sekolah Pribadi Bandung menilai sains dan seni merupakan hal penting karena keduanya memberikan kontribusi positif dalam perkembangan siswa secara holistik.

"Dalam hal sains, ini dapat membangun siswa berpikir logis, analitis dan keterampilan problem solving. Kemudian seni membantu siswa dalam pengembangan kreativitas, ekspresi diri, dan pemahaman emosional," jelas Willy.

"Keduanya kami pandang penting agar membekali siswa menjadi pribadi yang berpengetahuan luas dan terampil di masa depan," tambahnya.

Selain kegiatan sains dan seni ini, lebih jauh Willy mengatakan ada beberapa program sekolah yang dilakukan guna mendukung siswa dalam kedua bidang ini.

"Di antaranya kami menghadirkan kegiatan ekstrakurikuler terkait sains seperti Science Olympiad Team dan Science Project Team yang setiap tahunnya mengikuti berbagai kompetisi dan kita juga sudah mempersiapkan guru-guru yang bersedia dan mampu mendampingi," kata Willy.

Sekolah Pribadi Bandung kembali menggelar festival sains dan seni bertajuk A Showcase of Talents and Imagination pada 19-23 Februari 2024.DOK. SEKOLAH PRIBADI Sekolah Pribadi Bandung kembali menggelar festival sains dan seni bertajuk A Showcase of Talents and Imagination pada 19-23 Februari 2024.

"Sedangkan untuk seni sendiri, sekolah memberikan banyak pilihan program dalam bidang seni. Ada menyanyi, musik, tari, menggambar, dan sebagainya. Biasanya anak juga kita dorong untuk mengikuti kompetisi," tambahnya.

Baca juga: Gandeng Dompet Dhuafa, Siswa MHIS Kumpulkan Rp 282 Juta untuk Bangun Sekolah

Sekolah Pribadi, ujar Willy, mendorong partisipasi siswa dalam berbagai kegiatan dan lomba seperti Festival Sains dan Budaya, Olimpiade Sains Nasional, atau perlombaan lain. Selain itu, sekolah juga mendukung melalui fasilitas yang ada seperti laboratorium atau tempat latihan yang baik.

"Sekolah Pribadi Bandung mendukung siswa untuk berkarya dan memiliki achievement (capaian) dalam bidang seni maupun sains," tegasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com