Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Berkompetisi di Tingkat Provinsi, 13 Siswa Tim "TOPRIDE" Sekolah Pribadi Depok Lolos OSN-K 2024

Kompas.com - 22/04/2024, 15:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Pribadi Depok berhasil meloloskan 13 siswa mereka ke ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 tingkat provinsi. Ketiga belas siswa menjadi wakil Kota Depok ke ajang seleksi selanjutnya untuk menentukan wakil provinsi Jawa Barat.

Ke-13 siswa Sekolah Pribadi Depok yang tergabung dalam Team Olimpiade Sekolah Pribadi Depok (TOPRIDE), masuk dalam beberapa bidang lomba OSN 2024, di antaranya;

  • Bidang Matematika: Farabi Azzam, Neisha Calya Mahardhika, Fathara Duta Anbiya
  • Bidang Informatika: Luvidi Pranawa Alghari, Rakha Aziztama Adinindya, Muhammad Dzaky Prastiadi, Raka Haidar Zuhdi
  • Bidang Biologi: Nayla Arsya Ramadhani
  • Bidang Astronomi: Harun Subhan Salim, Asri Maharani
  • Bidang Ekonomi: Annisa Inna Farkhani, Reisya Aprilian
  • Geografi: Altamiz Muhammad Marsudi

Harapannya, para siswa mampu melampui prestasi capaian Sekolah Pribadi Depok di ajang OSN 2023 di mana dua siswa medali perak dan perunggu bidang Matematika melalui Luvidi Pranawa Alghari (perak) dan Neisha Calya Mahardhika (perunggu).

Ketua Team Olimpiade Sekolah Pribadi Depok (TOPRIDE), Ujang Irpan menyampaikan (22/4/2023) menjelaskan, persiapan dan pembinaan OSN di sekolah Pribadi Depok dilakukan bersama dengan Sekolah Pribadi Premier.

"Tentunya perjuangan siswa dan siswi untuk sampai pada tahap ini tidaklah singkat. Pembinaan OSN dimulai sejak awal pembelajaran, sehingga persiapan kurang lebih setahun dengan bimbingan guru sesuai bidangnya," ungkap Irpan.

Mengembangkan potensi siswa

Untuk persiapan OSN, Ujan menegaskan, sekolah sangat mendukung dalam mengembangkan potensi siswa.

"Sekolah membentuk divisi khusus untuk membuat program persiapan OSN sejak awal tahun ajaran, mulai dari seleksi siswa yang berpotensi, pemetaan mapel OSN, kemudian pendampingan dan pelatihan," ungkap Irpan.

Pendampingan dimaksud meliputi pembinaan mingguan (2-3 kali seminggu), camp olimpiade, uji coba di berbagai loma yang diadakan unversitas, hingga persiapan intensif menjelang Olimpiade Sains Nasional di tingkat Kota.

"Selain akademik, kami juga memberikan pendampingan mental dan spiritual berupa sharing dari alumni peraih prestasi, dan lainnya," tambahnya.

Dia berharap siswa dan siswi yang lolos ke tingkat provinsi akan mendapatkan hasil memuaskan pada ajang OSN tahun ini dan melaju ke tingkat selanjutnya.

Baca juga: Jadwal Terbaru Tes Ulang OSN 2024 Jenjang SD dan SMP

 

"Teruntuk siswa-siswi yang belum berhasil tahun ini, kesempatan ini ada setiap tahun jadi silakan persiapkan diri sebaik mungkin, dan mengikuti seleksi baik dari tingkat sekolah, kota, provinsi, dan nasional," pesan Irpan.

"Semoga ke depannya semakin banyak prestasi yang dapat diukir oleh siswa siswi Pribadi Depok dan juga Pribadi Premier. Selamat atas prestasi yang telah diraih. Semoga bermanfaat untuk meraih prestasi yang semakin gemilang ke depannya," tutup Irpan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com