Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alur dan Cara Daftar Jalur Mandiri UIN Walisongo 2024

Kompas.com - 22/04/2024, 15:27 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jalur mandiri UIN Walisongo (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang) bisa dimanfaatkan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Dari hasil pantauan Kompas.com di laman resminya, belum ada jadwal resmi pendafatran jalur mandiri UIN Walisongo.

Namun sudah ada informasi mengenai alur hingga tata cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo untuk tahun akademik 2024/2025. Informasi ini penting diketahui calon mahasiswa agar tak kesulitan jika pendaftaran jalur mandiri UIN Walisongo resmi dibuka.

Dilansir dari laman resminya, berikut alur dan cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Baca juga: Jalur Mandiri UNJ 2024 Sudah Buka, Bisa Pakai Nilai Rapor Saja

Sebelum tahu alur dan cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo 2024, ketahui juga ketentuan hingga syarat untuk mendaftar jalur ini.

Ujian Jalur Mandiri Masuk UIN Walisongo Semarang tahun akademik 2024/2025 adalah seleksi masuk UIN Walisongo Semarang yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang berdasarkan tes tertulis tanpa melihat tahun kelulusan dan usia calon mahasiswa.

Persyaratan calon mahasiswa yang bisa mendaftar jalur ini antara lain:

1. Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau yang setara sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

2. Memiliki ijasah SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/ Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau yang setara atau sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Lulus dari kepala sekolah/madrasah/pesantren yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah/pesantren.

Alur pendaftaran jalur mandiri UIN Walisongo

Berikut alur pendaftaran jalur mandiri UIN Walisongo yang perlu diperhatikan:

  • Pendaftar mengakses (klik disini) http://jalurmandiri.walisongo.ac.id
  • Pendaftar membaca Petunjuk Pengisian Data sebelum melakukan pendaftaran online.
  • Pendaftar melakukan Input Data secara online untuk memperoleh PIN PEMBAYARAN.
  • Pendaftar melakukan pembayaran pendaftaran di Bank BTN, Bank BTN Syariah, Bank Jateng Syari’ah, Bank BSI dan Bank Mandiri dengan menunjukkan PIN PEMBAYARAN.
  • Silahkan cek Username dan password akun datadiri.walisongo.ac.id melalui link berikut : https://jalurmandiri.walisongo.ac.id/index.php/home/lihatnomor
  • Pendaftar Login ke http://datadiri.walisongo.ac.id dengan username dan pasword yang dikirim ke email pada saat melihat nomor pendaftaran untuk melengkapi pengisian data dan mencetak Kartu Ujian.
  • Pendaftar mengikuti ujian tulis berbasis komputer (computer based test) di UIN Walisongo pada tanggal yang telah ditetapkan.


Baca juga: Uang Pangkal UNJ Jalur Mandiri 2024 untuk Semua Jurusan D4-S1

Cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo 2024

Setelah tahu alur pendaftarannya, berikut tata cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo:

1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuka website http://jalurmandiri.walisongo.ac.id

2. Calon peserta wajib memilih 4 program studi.

  • Urutan pilihan program studi menyatakan urutan minat.
  • Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta.
  • Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file kartu tanda peserta ujian.
  • Kartu tanda peserta ujian dapat diunduh dan dicetak bila isian formulir pendaftaran sudah lengkap.
  • Pada kartu tanda peserta ujian tercantum Nomor Pendaftaran, Nama Peserta, Program Studi yang dipilih, Ruang Ujian, dan Jadwal Ujian.

3. Dokumen yang harus di upload sebagai berikut:

a. Calon mahasiswa mengisi Data Diri secara online melalui laman http://datadiri.walisongo.ac.id dan mengupload file scan dokumen asli dari dokumen pendukung berikut:

  • Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Satuan Pendidikan Mu’adalah/Paket C dan dilengkapi dengan pas foto terbaru serta dibubuhi stempel MA/MAK/SMA/SMK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/Paket C (bagi lulusan tahun 2023).
  • Ijazah asli (bagi lulusan 2022 dan sebelumnya)
  • Kartu Keluarga
  • Rekening Listrik: Rekening listrik 3 bulan terakhir bagi pelanggan PLN Pascabayar, Surat pernyataan pengeluaran biaya listrik bulanan bagi pelanggan PLN Prabayar (pulsa) yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir), Surat Keterangan bantuan listrik gratis bagi penerima bantuan listrik gratis dari pemerintah yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi
  • Penghasilan orang tua / Wali Mahasiswa: Untuk orang tua/Wali Mahasiswa PNS/ pekerja formal mengunggah slip gaji, Untuk orang tua/Wali Mahasiswa non PNS/non formal mengupload surat keterangan penghasilan perbulan yang diketahui oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi
  • Pasfoto berwarna dengan background merah, format JPEG, dan ukuran maksimal 1 MB.
  • Foto rumah tampak depan, tampak samping, kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga dan dapur.
  • Surat keterangan rata-rata pengeluaran belanja keluarga setiap bulan yang ditanda tangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
  • Kartu JKN-KIS Aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES). Bagi yang belum memiliki dipersilahkan mengurus kepesertaan JKN di daerah masing-masing dan mengisi surat pernyataan kesediaan mengurus kepesertaan JKN-KIS (Form terlampir).
  • KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah). Bagi yang tidak memiliki KIP-K silahkan mengisi nomor KIP-K dengan angka “0”.
  • Surat pernyataan kesediaan mengikuti program ma’had (pondok pesantren) bagi yang diterima.

Data diri wajib diisi lengkap karena digunakan sebagai data pendukung penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), bagi calon mahasiswa yang tidak mengisi data diri dan tidak upload dokumen pendukung, maka akan mendapatkan UKT tertinggi dan harus mengisi surat pernyataan kesediaan menerima UKT tertinggi bermaterai.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITS Jalur Mandiri 2024 untuk Semua Jurusan D4-S1

Demikian informasi mengenai syarat, alur hingga cara daftar jalur mandiri UIN Walisongo 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com