Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Siswa Fatih-TNA Bilingual School Banda Aceh Melaju ke OSN 2024 Tingkat Provinsi

Kompas.com - 20/04/2024, 19:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan rilis resmi Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek (15/4/204), delapan siswa Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif (TNA) Bilingual School Banda Aceh dinyatakan berhasil melaju ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) tahun 2024.

Keberhasilan ini diraih setelah sebelumnya kedelapan siswa berhasil melewati persaingan sangat ketat di OSN tingkat Kota Banda Aceh pada 25-27 Maret 2024.

Ke delapan siswa-siswiI tersebut adalah:

  • Bidang Informatika: Ahmad Mufdhdha, Alfia Salsabila, Shanisa Izzati
  • Bidang Astronomi: Almas Shatha Mulia
  • Bidang Geografi: Rahmatyn Nurul Aisy, Izzati Syafiqah Nurul Ain
  • Bidang Kebumian: Raisah Mahira, Nurul Izzati

Kepala Sekolah SMA Fatih Sudarman kepada Kompas.com (20/4/2024) mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang berhasil diraih para siswa.

"Alhamdulillah, tentunya ini patut kita syukuri. Selamat kepada para siswa yang berhasil lolos, perjuangan kalian sungguh luar biasa. Tetap semangat dan terus berjuang. Apersiasi juga kepada seluruh pembina dan pihak yang terlibat," pesan Sudarman.

Dia menyampaikan, SMA Fatih melalui Ananda Alfa berhasil memperoleh medali Perak OSN Bidang Fisika tahun 2022 dan memperoleh medali perunggu dalam International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang tahun 2023.

Dalam tahun yang sama di ajang ISPhO (International Scientific Physics Olympiad) yang diselenggarakan Moscow Institute of technology, Alfa juga berhasil meraih prestasi Silver Award.

Persiapan matang

Sudarman menjelaskan, keberhasilan ini diraih melalui pembimbingan rutin dan pendampingan intensif agar siswa dapat mengoptimalkan kemampuan di bidang masing-masing.

Baca juga: Jadwal Terbaru Tes Ulang OSN 2024 Jenjang SD dan SMP

 

"Setiap siswa Fatih memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan minat dan bakatnya, baik itu minatnya di olahraga, projek, atau bidang olimpiade bidang ini adalah bidang yang paling bergengsi," ungkap Sudarman.

Setiap siswa diwajiban memilih klub dan disediakan pendamping klub atau coordinator club. Bagi siswa yang memiliki minat bidang olimpaide akan dilakukan tes secara menyeluruh untuk kemudian diklasifikasikan bersadarkan bidang kemampuan siswa masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com