Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Sekolah Kesatuan Bangsa: Borong 10 Medali OSN 2023 dan 3 Medali Olimpiade Ilmu Bumi

Kompas.com - 04/09/2023, 17:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 15 siswa sekolah Kesatuan Bangsa mendominasi perolehan medali ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 yang digelar luring di Bogor, Jawa Barat untuk tingkat SMA/MA dan tingkat SMP/MTs secara daring pada 28 Agustus hingga 2 September 2023

Mewakli DI Yogyakarta, sekolah Kesatuan Bangsa meraih 3 medali emas, 2 medali perak, dan 5 medali perunggu. 

Pada OSN 2023 tiga siswa SMP Kesatuang Bangsa berlaga di bidang IPA dan matematika. Sedangkan jenjang SMA, sekolah Kesatuan Bangsa mengirimkan 12 siswa untuk bidang Matematika, Biologi, Fisika, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Jumlah peserta OSN 2023 tingkat nasional adalah sebanyak 1.475 peserta dari 38 provinsi di Indonesia. Para peserta terdiri dari 230 peserta jenjang SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA.

Selain sekolah yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia, OSN 2023 diikuti oleh 15 peserta dari lima sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Kelima sekolah yang berpartisipasi yakni SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda.

Pemenang OSN 2023 diumumkan di momen penutupan dan penganugerahan OSN 2023 di Bogor, Jawa Barat, Jumat (01/9/2023), baik secara langsung maupun melalui kanal Youtube Puspresnas.

“Setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi, hal ini merupakan hasil yang diterima dan patut disyukuri. Serta, tetap menyalakan semangat mereka untuk melanjutkan perjuangan di kesempatan selanjutnya," ungkap Deera Army Pramana, Pembina Tim Olympus Kesatuan Bangsa.

"Terima kasih kepada keluarga besar Kesatuan Bangsa atas dukungan dan doa yang diberikan," tambahnya. 

Baca juga: OSN 2023: Pemenang Maju ke Tingkat Internasional 2024, Ini Daftar Negaranya

Kepala SMP Kesatuan Bangsa, Ahmad Fauzi menambahkan, “perolehan 10 medali ini menempatkan DI Yogyakarta ke posisi 4 dalam propinsi terbaik di OSN 2023 setelah DKI Jakarta yang menjadi Juara, Jawa Timur dan Banten."

"Hal ini tidak lepas dari Tim Olympus dalam memberikan pelatihan dan dukungan secara penuh di bidang olimpiade," pungkasnya.

Prestasi di Ajang IESO 2023

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com