Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OSN 2023, DKI Jakarta Juara Umum Usai Raih 71 Medali

Kompas.com - 02/09/2023, 14:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023, Provinsi DKI Jakarta menjadi Juara Umum usai meraih total 71 medali.

Adapun rincian medali yang diraih ialah 17 medali emas, 30 medali perak, dan 24 medali perunggu. Sedang terbaik kedua hingga kelima ialah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Barat.

OSN 2023 adalah ajang talenta untuk mengidentifikasi serta mengembangkan kompetensi peserta didik SD, SMP dan SMA pada bidang sains.

OSN dihelat oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Baca juga: Ribuan Peserta Ikut OSN 2023, Ajang Kembangkan Karakter dan Prestasi Siswa

Penyelenggaraan OSN melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini membuka ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

Pesan bagi pemenang dan yang gagal

Pada penutupan OSN 2023 di Kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta, pada Jumat (1/9/2023), Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin memberi pesan para peraih medali.

Ia mengatakan bahwa para peraih medali ini agar menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia yang tertarik dalam dunia sains.

"Selamat kepada para peraih medali. Semangat, kerja keras, dedikasi dan ketekunan adik-adik meraih mimpi menjadi kenyataan akan menjadi contoh. Tetaplah rendah hati, santun dan kemauan untuk terus berbagi pengetahuan dan pengalaman. Belajar yang terbaik adalah mengajarkannya," ujarnya, dari keterangan tertulisnya.

Sedangkan bagi peserta OSN 2023 yang belum berhasil, Tatang juga mengatakan bahwa ajang ini bukan merupakan akhir perjalanan, sehingga tidak perlu meruntuhkan semangat untuk terus maju meraih keberhasilan yang tertunda.

Ia berpesan, setiap tantangan dalam perjalanan meraih kesuksesan dapat dijadikan sebagai batu pijakan untuk melampaui batasan-batasan yang ada dan jangan pernah ragu dengan kemampuan diri sendiri.

"Dalam diri adik-adik semua, terdapat potensi yang luar biasa. Semangat, kerja keras, dedikasi, dan ketekunan akan menjadi sumber daya yang luar biasa. Teruslah berjuang penuh semangat, dan yakinlah bahwa masa depan penuh peluang sedang menunggu adik-adik semua," terang Tatang.

Baca juga: Ini Pengertian, Tujuan, dan Hasil dari OSN

Ihsan Ibrahim, salah satu juri bidang Matematika pada jenjang SMA menyampaikan para juri sudah berhasil menggali potensi para peserta didik dan telah menemukan peserta didik atau siswa yang berprestasi pada bidang masing.

Bagi juri, semua peserta sudah menjadi juara. "Kalian sudah juara. Kami berharap tahun 2045, kalianlah para tokoh penggerak bangsa ini, kalianlah pemimpin bangsa ini, kalian generasi emas. Jadi siapapun pemenangnya, kalianlah pemenangnya," ungkap Ibrahim.

Sedangkan Kepala BPTI, Asep Sukmayadi, menyampaikan bahwa OSN merupakan salah satu ajang talenta diantara 40 ajang talenta yang diselenggarakan BPTI pada 2023 mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Dikatakan, OSN adalah katalis, arena untuk memindai talenta-talenta, bibit-bibit unggul di bidang sains, kandidat timnas Indonesia pada ajang olimpiade sains tingkat dunia sekaligus kandidat pemimpin bangsa di bidangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com