Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Rektor: Pemenang OSN Jadi Prioritas Diterima di IPB University

Kompas.com - 30/08/2023, 19:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University menjadi tuan rumah pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. Acara pembukaan dilakukan di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor, pada Senin (28/8/2023).

Pelaksanaan OSN 2023 digelar di Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Baca juga: Gagal Kuliah di Jurusan Kedokteran, Rahmat Justru Dapat Beasiswa di AS

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. Deni Noviana menyebut, IPB University membuka lebar jalan bagi para talenta muda berprestasi yang terlibat dalam acara OSN untuk melanjutkan pendidikan tinggi di IPB University.

"Selamat kepada 1.565 peserta OSN yang mewakili 38 provinsi di Indonesia. Kalian semua yang lolos sebagai finalis dan mempunyai rekam jejak mengikuti OSN akan diprioritaskan untuk diterima di IPB University," ujar dia dikutip dari laman IPB, Rabu (30/8/2023).

Prof. Deni menjelaskan, setiap tahun IPB University menerima mahasiswa sarjana sebanyak 4.600 orang.

Dari jumlah tersebut, IPB University berkomitmen 35 persen kuotanya berdasarkan prestasi. Dari 35 persen tersebut 150 kuota disediakan berdasarkan jalur Prestasi Nasional dan Internasional (PIN).

Plt. Kepala Puspresnas, Hendarman dalam pembukaannya melaporkan pelaksanaan kegiatan OSN tahun 2023.

Dia menjelaskan, OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para peserta didik SD/MI, SMP/MTs dan SMA/ MA serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

"OSN diselenggarakan untuk mengidentifikasi talenta unggul di bidang sains. Melalui ajang OSN, kemampuan dan peserta didik dapat diidentifikasi dan kemudian dikembangkan," jelas dia.

Dia mengaku, OSN akan diselenggarakan sampai 2 September 2023. OSN jenjang SMA/MA dilaksanakan secara luring di Kota Bogor, sedangkan jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilaksanakan secara daring.

Baca juga: Mahasiswa Tak Wajib Skripsi Lagi, Nadiem: Bisa Bentuk Proyek dan Lain

Ajang yang dilombakan SD/MI terdiri dari dua bidang lomba, yakni matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Untuk SMP/MTs ada tiga bidang yakni matematika, IPA dan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

"Sementara untuk SMA/MA ada sembilan bidang lomba yaitu matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian dan geografi," tutur dia.

Staf Ahli Mendikbud bidang Manajemen Talenta, Dr. Tatang Muttaqin merasa senang bisa bertemu dengan para peserta OSN 2023 baik secara daring dan luring di IPB University, kampus yang merupakan salah satu pusat dari talenta nasional yang membanggakan.

"Para peserta di sini merupakan talenta terbaik dari ujung Aceh sampai ujung Papua dan sekarang akan bertanding di tingkat nasional. Hal ini menjadi kebanggaan dan menjadi syarat agar kita terus meningkatkan pembangunan manusia ke depan," jelas dia.

Dia berharap atmosfer kompetisi OSN ini semakin bertumbuh dan sehat sehingga melahirkan budaya yang saling memperkuat dan kolaboratif.

Dia juga berterima kasih kepada IPB University yang telah ikut berperan serta dalam penyelenggaraan OSN tahun ini.

Baca juga: Dari 2.207 Pendaftar, IPB Hanya Terima 50 Mahasiswa untuk Prodi Dokter

"Mari terus bersinergi mengimplementasikan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan demi menghasilkan mutu belajar yang lebih maksimal," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com