Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Prodi Fisipol UGM Masuk Peringkat 100-200 Terbaik Dunia Versi QS WUR 2024

Kompas.com - 22/04/2024, 15:54 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga program studi (prodi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil masuk jajaran 100-200 jurusan terbaik dunia versi QS World University Rankings (WUR) 2024.

Tiga prodi tersebut adalah Manajemen Kebijakan Publik, Hubungan Internasional, dan Sosiologi.

"Prestasi ini bisa menjadi aspek yang membanggakan, tapi juga sekaligus semacam refleksi diri bagaimana kami di Fisipol perlu meningkatkan kualitas dan reputasi dengan lebih baik," kata Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM, Prof. Poppy Sulistyaning Winanti dikutip dari laman resmi UGM, Senin (22/4/2024).

Dalam QS WUR 2024, prodi Manajemen Kebijakan Publik menduduki peringkat 108 dunia, Hubungan Internasional peringkat 156, Sosiologi peringkat 206.

Baca juga: Catat Tanggal Penting Jalur Mandiri UI, ITB, IPB, dan UGM 2024

Fisipol UGM buka program berstandar internasional

Prof. Poppy mengatakan, Fisipol UGM telah memberlakukan kebijakan berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai fokus utama.

Di bidang akademik, kata Prof. Poppy, Fisipol UGM berupaya membangun reputasi internasional dengan membuka program-program berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

"Untuk program sarjana, Fisipol UGM membuka program International Undergraduate Programs (IUP). Sedangkan untuk pascasarjana terdapat program double degree dengan berbagai mitra," ujarnya.

Prof. Poppy melanjutkan, UGM mendorong publikasi riset-riset internasional dengan secara rutin memberikan dana hibah penelitian untuk dosen dan peneliti sejak sepuluh tahun lalu.

"Kami terus mengupayakan mendorong reputasi internasional kita lewat kerja sama riset dan publikasi dengan mitra internasional," ungkapnya.

Baca juga: Cerita Ikhsan, Anak Tukang Bangunan Lulus Cumlaude di UGM

Dia menambahkan, salah satunya dengan research grant melalui skema kerja sama mitra.

"Kita juga mendorong peneliti dan dosen untuk bidding dana hibah di tingkat internasional, itu yang terus kita kembangkan," jelas Prof. Poppy.

Adapun ukuran penilaian ranking bidang studi yang diberlakukan lembaga QS WUR meliputi lima indikator penilaian yakni dari sisi akademik, tenaga kerja pendidikan, sitasi, H-Indeks, dan jaringan riset internasional.

Baca juga: Jalur Mandiri UGM 2024 yang Biaya Daftarnya Cuma Rp 25.000, Apa itu?

Selain itu, Sustainability atau keberlanjutan adalah salah satu poin yang ditambahkan dalam kriteria penilaian QS WUR tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com