Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FLS2N 2023 Digelar, Angkat Semangat "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi"

Kompas.com - 18/08/2023, 11:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kembali menggelar ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023 untuk para peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, dan Berkebutuhan Khusus

Mengambil tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi", ratusan siswa dari berbagai provinsi hadir langsung di Jakarta untuk mengikuti tahap final FLS2N. Mereka adalah 10 terbaik perwakilan provinsi yang telah mengikuti tahap semifinal secara daring.

Menurut Kepala BPTI Asep Sukmayadi, FLS2N 2023 merupakan implementasi kebijakan manajemen talenta nasional di bidang seni budaya, sekaligus implementasi merdeka belajar dan pendidikan karakter.

"FLS2N merupakan sarana untuk memindai potensi talenta masa depan di bidang seni budaya sekaligus sarana belajar menggali potensi diri siswa dan mengujinya hingga meraih prestasi," jelas Asep Sukmayadi, Selasa, 15 Agustus 2023.

Kita meyakini bahwa setiap anak itu unik sehingga mereka harus diberi kemerdekaan untuk dapat mengaktualisasikan potensi dan bakatnya secara sistematis hingga meraih prestasi dan menjadi inspirasi," ujarnya 

Ia berharap FLS2N juga dapat menjadi sarana untuk memupuk semangat kebangsaan di antara siswa dari seluruh Indonesia dan sarana saling mengapresiasi khasanah bakat dan keunggulan talenta yang berbasis budaya bangsa yang adiluhung dan unik.

"Mereka kelak akan menjadi talenta-talenta masa depan industri kreatif Indonesia dan menjadi para pemimpin di bidangnya," ujar Asep Sukmayadi.

Partisipasi siswa berkebutuhan khusus

Di tengah perhelatan, salah satu juri menyanyi di jenjang pendidikan berkebutuhan khusus yakni musisi Nuraini Sukoningrum Tamam atau lebih dikenal dengan Nina Tamam mengatakan, keikutsertaannya sebagai juri dalam ajang bergengsi FLS2N merupakan kali ketiga.

Baca juga: Dorong Prestasi Siswa, Kemendikbud Kembangkan SIMT dan Aplikasi Kurasi

Di setiap perhelatan, ia selalu menemukan kejutan baru dan itu membuatnya terkesima dengan bakat peserta didik.

"Aku selalu amaze terhadap kebisaan mereka untuk menyanyi. Buat aku, temen-temen di tuna netra, rasanya itu lebih peka dan aku amaze melihat itu," ujar Nina antusias.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com