Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Seragam Sekolah SD, SMP, SMA Sederajat, Catat Jadwal Pakainya

Kompas.com - 16/04/2024, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada empat jenis pakaian seragam sekolah SD, SMP, dan SMA sederajat yang sudah diatur dalam peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Aturan pakaian siswa SD, SMP hingga SMA ini ada yang wajib dan bisa dijadikan pilihan masing-masing daerah atau sekolah.

Aturan seragam sekolah ini dijelaskan di Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

 Baca juga: Aturan Baru Seragam Sekolah Siswa SD, SMP, SMA, Ada Pakaian Adat

Pakaian seragam sekolah menjadi tanggung jawab orangtua atau wali peserta didik. 

Sementara pemerintah pusat, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya, sekolah, dan masyarakat dapat membantu pengadaan pakaian seragam sekolah dan pakaian adat bagi siswa dengan memprioritaskan siswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Berikut jenis seragam yang ada bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat yang diterapkan di masing-masing sekolah, termasuk jadwal penggunaan seragamnya. 

Jenis seragam sekolah SD, SMP, SMA sederajat

1. Pakaian Seragam Nasional

Pakaian seragam nasional adalah seragam dengan warna tertentu yang membedakan jenjang pendidikan siswa. Aturan seragam nasional, diatur dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a sebagai berikut:

  • Peserta didik SD/SDLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.
  • Peserta didik SMP/SMPLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.
  • Peserta didik SMA/SMALB/SMK/SMKLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

Jika sekolah diselenggarakan oleh pemerintah daerah, orangtua atau wali masing-masing siswa memilih salah satu model pakaian seragam nasional dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional yang diatur dalam peraturan ini.

Baca juga: Aturan Makeup, Pakaian, Rambut Peserta UTBK SNBT 2024

Lalu pada sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat, Sekolah dapat memilih model Pakaian Seragam Nasional yang dikenakan oleh siswa dengan mengacu pada ketentuan model Pakaian Seragam Nasional.

Khusus siswa yang berada di Provinsi Aceh, bagi yang beragama Islam mengenakan Pakaian Seragam Nasional sesuai kekhususan Aceh berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan Aceh, dengan tetap mengacu pada ketentuan model Pakaian Seragam Nasional sebagaimana dimaksud dalam
Pasal 5.

Jadwal penggunaan pakaian seragam nasional:

Seragam ini digunakan peserta didik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

2. Pakaian Seragam Pramuka

Model dan warna pakaian seragam Pramuka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com