Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminar BEM Undhira, Akademisi CH dan Ukrida: Era Digital Perlu Pendekatan Lintas Jurusan

Kompas.com - 30/10/2023, 07:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Dhyana Pura Bali (Undhira) mengadakan gelar wicara “Re-Employability Mentality: Meretas keterbatasan Tenaga Kerja di Era Perkembangan AI” pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Seminar menghadirkan dua narasumber pakar membahas topik ini yakni Lidia Sandra, psikolog sekaligus pakar psikologi siber yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida).

Narasumber kedua Timothy Dillan dari Children's House (CH), sekolah di Jimbaran, Bali, yang mengedepankan penerapan STEM serta ekosistem digital.

Timothy Dillan yang masih berusia 17 tahun juga telah berpengalaman menjadi software engineer di Tokopedia dan membangun beberapa aplikasi berbasis AI menjadi inspirasi juga bagi para mahasiswa di Undhira.

Seminar ini menjawab antusiasme pertanyaan para mahasiswa dari berbagai program studi di Undira akan ketersediaan pekerjaan di masa depan.

Dalam pemaparannya, Lidia mengupas pentingnya kolaborasi antar lintas jurusan dan bagaimana perkembangan digital yang begitu pesat menuntut untuk segera meningkatkan diri dengan learn and relearn skill yang relevan dengan dunia saat ini.

Sementara Timothy Dillan mengupas berbagai aplikasi AI yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Ia menegaskan karakter yang perlu dimiliki generasi muda untuk menghadapi era ke depan yakni lakukan segera dan growth mindset yang melepaskan diri dari sekat-sekat keilmuan.

Timothy Dillan juga mempersilahkan tiga mahasiswa Ukrida memberikan testimoni tentang penerapan AI.

Ketiga mahasiswa dalam supervisi Timothy Dillan tengah melakukan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di CH dan belum pernah belajar machine learning sebelumnya. Ketiganya berasal dari tiga program studi berbeda yaitu Psikologi, Sistem Informasi dan Informatika Ukrida.

Dengan bimbingan dalam kurang dari sebulan, masing-masing mahasiswa ini telah menghasilkan karya yang sangat berguna bagi dunia industri.

Andrew Zefanya, mahasiswa Sistem Informasi, membuat resume classifier yang akan membantu HR untuk meyeleksi CV yang layak lanjut ke tahap berikutnya.

Sabrina dari prodi Informatika membuat causal modeling faktor keberhasilan peserta didik. Sedangkan Willyanto, mahasiswa Psikologi Ukrida membuat causal modeling dengan algoritma NoTears untuk melihat faktor signifikan penyebab kinerja karyawan.

Baca juga: Platform Belajar Bahasa Inggris Ini Manfaatkan AI Mudahkan Pembelajaran

Testimoni ini membawa semangat bagi lebih dari 100 mahasiswa Undhira yang hadir bersemangat mencoba AI programming.

Hal ini disebabkan karena dari pengalaman ketiga mahasiswa lintas prodi yang sedang melakukan MBKM di CH, adaptasi dan penerapan AI tidak sesulit yang sering dibayangkan asal mempunyai growth mindset (pola pikir untuk terus berkembang).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com