Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi AI Bisa Bantu Mahasiswa Kerjakan Tugas Kuliah

Kompas.com - 13/10/2023, 07:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi yang makin canggih mempermudah aktivitas manusia sehari-hari, tak terkecuali mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah.

Misalnya untuk mencari suatu materi pendukung atau mencari informasi lainnya, mahasiswa bisa menggunakan internet.

Ternyata keberadaan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) memiliki banyak peran penting bagi mahasiswa saat menghadapi berbagai macam tugas.

Beberapa aplikasi AI bahkan bisa membantu mahasiswa saat mengerjakan berbagai tugas kuliah.

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa BPP 2023 Kemenag bagi Mahasiswa S2 dan S3

AI yang bisa bantu mahasiswa mengerjakan tugas kuliah

Contoh paling umum adalah software ataupun aplikasi AI yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan perhitungan matematika atau statistik dalam mengolah data dan menganalisisnya.

Bahkan bagi mahasiswa yang sudah akrab dengan teknologi, ada yang menggunakan AI untuk membuat sebuah video konten tugas bisa mengubah teks menjadi suara dan sebaliknya.

Ada juga AI yang dapat digunakan dalam pengoreksian tugas otomatis untuk mengidentifikasi kesalahan dalam penulisan ataupun tata bahasa.

Beberapa universitas menggunakan perangkat ini untuk mengoreksi tugas dalam jumlah besar dengan cepat.

Dilansir dari laman Masoem University, Kamis (12/10/2023) ada sejumlah software dan aplikasi AI yang bisa kamu coba dalam membantu tugas kuliah. Apa saja AI yang bisa membantu tugas kuliah? Simak informasi ini sampai selesai:

Baca juga: Rekrutmen Calon Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak Dibuka, Ini Kriterianya

1. Writesonic

Bot AI ini akan membantu mahasiswa menghasilkan sebuah tulisan yang kemungkinan akan masuk dalam ranking teratas di mesin pencarian.

AI yang satu ini membantu kamu untuk mencari tau bagaimana cara membuat artikel dengan bahasa yang sudah tertata rapi. Jika secara gaya bahasa masih terdapat kekurangan, kamu bisa menggunakan AI lainnya seperti wordtune.

2. Wordtune

Bot yang satu ini dapat memperbaiki artikel kamu supaya menjadi lebih bagus dalam pemilihan kata serta frasa.

Tidak hanya membenahi tulisan saja, tapi juga kamu dapat memilih gaya bahasa yang ingin digunakan. Jika masih dirasa kurang cocok, kamu hanya tinggal menyesuaikannya dengan para frase saja.

Baca juga: Beasiswa S1 UGM, Ada Bantuan UKT dan Biaya Penunjang Pendidikan

3. Caktus AI

Mahasiswa yang menggunakan Notion, Caktus AI memiliki fungsi yang sama seperti NotionAI. Bot ini dapat digunakan sebagai Asisten Virtual yang dapat membantumu membuat esai, belajar bahasa serta dapat diajak diskusi.

4. Grammarly

Platform AI yang satu ini berguna untuk mempermudah kamu menulis kalimat Bahasa Inggris secara baik dan tepat. Grammarly mampu mengecek tulisan pada segi penggunaan kata, gaya bahasa, serta ejaan.

5. Replika

Replika adalah chatbot berbasis AI yang dapat digunakan sebagai teman bicara. Replika juga memiliki fitur panggilan video. Bot ini cocok buat mahasiswa yang butuh support system agar hari-hari kamu lebih semangat.

Demikian aplikasi AI yang bisa membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah. Namun perlu diingat bahwa keberadaan teknologi ini bersifat membantu sehingga mahasiswa jangan benar-benar mengandalkan teknologi untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Baca juga: BSI Scholarship Talenta 2023 Dibuka, Ada Bantuan UKT dan Biaya Hidup

Kamu tetap harus mencari sumber referensi yang akurat, memahami dan mampu menganalisis sebuah contoh kasus dengan data-data yang sudah didapatkan. Sehingga tetap bisa menjadi mahasiswa intelektual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com