Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Biaya Kuliah di UMJ Per Semester, Calon Mahasiswa Cek

Kompas.com - 21/04/2024, 19:53 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang mau kuliah di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), perlu mempersiapkan soal biaya kuliah.

Biaya kuliah di kampus swasta biasanya lebih mahal dibandingkan kuliah di perguruan tinggi negeri.

Mahalnya biaya kuliah di kampus swasta ini biasanya juga diimbangi dengan fasilitas yang bisa digunakan mahasiswa.

Untuk memberi kemudahan bagi calon mahasiswa yang mau kuliah di UMJ, pihak kampus menawarkan pembiayaan kuliah S1 melalui skema 5 kali cicilan dalam setiap semester.

Baca juga: Pendaftaran S2 di UT Masih Dibuka, Cek Biaya Kuliahnya

Biaya kuliah di UMJ

Selain itu, UMJ juga bekerjasama dengan lembaga keuangan non-bank dalam bentuk program dana talangan bagi mahasiswa dalam pembayaran kuliah.

Dilansir dari laman UMJ, Minggu (21/4/2024) berikut informasi mengenai rincian biaya kuliah di UMJ bagi calon mahasiswa baru.

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip)

Fakultas ini terdiri dari 4 Program Studi yaitu Kesejahteraan Sosial, Administrasi Publik, Ilmu Politik, dan Ilmu Komunikasi. FISIP UMJ sudah memiliki dua prodi akreditasi unggul yakni Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Publik. Biaya kuliah di FISIP UMJ berkisar Rp 8-9 juta per semester.

2. Fakultas Hukum

Fakultas ini terdiri dari 1 Program Studi yaitu Hukum dan sudah memiliki akreditasi unggul. Biaya kuliah di Fakultas Hukum UMJ berkisar Rp 9 juta per semester.

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Sementara itu fakultas ini terdiri dari 3 Program Studi yaitu Manajemen, Akuntasi, dan Ekonomi. FEB UMJ sudah memiliki dua Prodi terakreditas unggul yakni Manajemen dan Akutansi. Biaya kuliah di FEB UMJ berkisar Rp 9 hingga Rp 11 juta per semester.

Baca juga: Jalur PSSB Undip 2024: Pilihan Jurusan D4 hingga Biaya Kuliahnya

4. Fakultas Teknik (FT)

Fakultas ini terdiri dari 7 Program Studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Arsitektur.

Fakultas Teknik UMJ memiliki satu prodi dengan terakreditasi unggul yakni Arsitektur. Biaya kuliah di FT UMJ berkisar Rp 10- Rp 12 juta per semester.

5. Fakultas Agama Islam (FAI)

Terdiri dari 6 Program Studi yaitu Hukum Keluarga, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Perbankan Syariah, Zakat dan Wakaf, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Agama Islam.

FAI UMJ memiliki Prodi unggul yakni Manajemen Perbankan Syariah. Biaya kuliah di FAI UMJ berkisar Rp 6 hingga Rp 7,5 juta per semester.

6. Fakultas Pertanian (FTan)

Terdiri dari 2 Program Studi yaitu Agroteknologi dan Agrobisnis. Biaya kuliah di Ftan UMJ berkisar Rp 4 hingga 5 juta per semester.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITS Jalur Mandiri 2024 untuk Semua Jurusan D4-S1

7. Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas ini terdiri dari 7 Program Studi yaitu Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga, dan Pendidikan Teknologi Informasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com