Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Distinguised Fellow, Sandiaga Ingin Fokus pada Isu Ekonomi yang Inovatif

Kompas.com - 12/10/2023, 21:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Prariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi Distinguised Fellow dari program Blue Ocean Strategy Fellowship (BOSF).

BOSF diselenggarakan oleh Sampoerna University (SU), School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia, dan Blue Ocean Global Network.

Baca juga: Siswa SMA Kolese De Britto Boleh Berambut Gondrong Mulai 1976

Sebagai Distinguished Fellow BOSF periode Oktober 2023 hingga Februari 2024, Sandiaga Uno akan berfokus pada isu-isu ekonomi yang inovatif, dengan konsep yang dikenal dengan Sandinomics.

Itu agar bisa mendorong kesejahteraan melalui dua pilar utama, yaitu menjaga stabilitas harga dan menciptakan lapangan kerja dalam skala luas.

Sandiaga menyatakan, stabilitas harga adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang sehat.

Hal ini menjadi semakin krusial karena Indonesia akan menyambut puncak bonus demografi pada 2030 mendatang, dan inilah yang ingin dijawab dari visi ekonominya untuk Indonesia.

"Bila tidak dipersiapkan rencana lapangan pekerjaan dari sekarang, bonus demografi sebaliknya akan menjadi beban atau liabilitas. Dengan latar belakang saya sebagai entrepreneur, saya memastikan apa yang saya kerjakan di sektor publik selalu data driven agar segala sesuatunya terukur," kata dia di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Sandiaga Uno konsisten membangun sinergi dengan kementerian dan lembaga terkait juga aktif melibatkan sektor privat secara aktif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui dua pilar ini.

Salah satu prestasi yang ditorehkannya saat Ramadhan 2018, saat Sandiaga masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta sukses menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan yang bisa mencapai stabilitas harga pangan.

"Kolaborasi ini berdampak pada inflasi bulanan terkendali yang terefleksikan pada tingkat inflasi terendah di Jakarta dalam lima tahun," jelas dia.

Baca juga: 11 Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, UNS Nomor 1

Kerek angka kerja pariwisata

Sejak dilantik menjadi orang nomor satu di Kemenparekraf pada Desember 2020, dia berhasil meningkatkan angkatan kerja pariwisata hingga 22,89 juta orang.

Sedangkan sektor ekonomi kreatif mempekerjakan 23,98 juta orang pada 2022.

Di bawah kepemimpinannya, dia menyebut devisa pariwisata berhasil tumbuh hingga Rp 94 miliar pada 2022.

Di tahun yang sama, sektor ekonomi kreatif berhasil mencapai nilai tambah sebesar Rp 1,280 triliun.

Hal ini membuktikan di tengah tantangan yang besar, Sandiaga Uno berhasil menghadirkan peluang-peluang yang selama ini mungkin belum dicoba atau dimaksimalkan.

Baca juga: Cerita Alumnus SMA Taruna Nusantara Raih Beasiswa Indonesia Maju

"Pariwisata dan ekonomi kreatif berhasil keluar dari tekanan dan menjadi sektor cepat dan tumbuh lebih kuat dengan berbagai program dan kebijakan yang merangkul semua pihak, terutama membuka kesempatan bagi UMKM dengan membangun ekosistem ekonomi kreatif dan pariwisata yang inklusif dan inovatif," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com