Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FMIPA, PUI Pendeteksi Patogen UNJ, dan Unibraw Gelar Seminar Diagnosis Autoimun dan TSHR Berbasis LFIA

Kompas.com - 03/11/2023, 14:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pendeteksi Bakteri Patogen Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) menjalin kolaborasi dengan Laboratorium Biokimia Universitas Brawijaya.

Kolaborasi lembaga penelitian UNJ dan Unibraw diwujudkan dalam seminar "Diagnosis Autoimun dan TSHR Dengan Cepat Berbasis LFIA (Lateral Flow Immunoassay)" yang membahas pengenalan autoimun dan diagnosis autoimun menggunakan kit LFIA dan mekanismenya.

Seminar ini diselenggarakan secara luring di Ruang Sidang lantai VI Gedung KH. Hasyim Asy'ari UNJ dan daring via Zoom Meeting pada Jum'at, 3 November 2023.

Seminar menghadirkan beberapa narasumber: Prof. Aulanni'am (Ketua Riset Group Biodet Vaksin & Laboratorium Biokimia Unibraw) dan Dyah Kinasih (Institut Biosains dan Laboratorium Biokimia Unibraw) dengan moderator Prof. Muktiningsih Nurjayadi (Ketua PUI Pendeteksi Bakteri Patogen UNJ).

Prof. Muktiningsih yang juga merupakan Dekan FMIPA UNJ dalam sambutan mengatakan, kegiatan seminar ini merupakan kerja sama PUI Pendeteksi Patogen, FMIPA UNJ, LPPM UNJ dan Unibraw.

Seminar bertujuan menjalin kolaborasi pengembangan alat deteksi cepat berbasis molekular yang dapat bermanfaat untuk pemeriksaan pada fasilitas kesehatan pada level awal.

Prof. Muktiningsih menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung antara lain LPPM UNJ, Dekanat FMIPA, mitra Riset Puslabfor, Pusdokes, BRIN, Mitra Industri PT Kimia Farma, PT Sinergi Indomitra Pratama dan PT Indolab Utama, dan PT Setara Biosains.

Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UNJ, Esmar Budi dalam sambutan menyampaikan FMIPA UNJ unggul di bidang penelitian termasuk didalamnya publikasi dan HAKI dalam 3 tahun terakhir. 

"Setiap forum yang diadakan tujuannya untuk kolaborasi bukan untuk bersaing. Kerjasama yang dilakukan sudah tepat antara Universitas Brawijaya dan UNJ dalam rangka memeperkuat kolaborasi di ajang nasional dan internasional," ucapnya.

Baca juga: 5 Gejala Awal Autoimun yang Kerap Tidak Disadari

Pada kesempatan sama, Prof. Iwan Sugihartono, Ketua LPPM UNJ mengatakan, pihaknya mengapresiasi tinggi atas terselenggaranya seminar yang merupakan bukti bahwa PUI UNJ sekarang ini sangat aktif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com