Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Efek jika Botol Minum Tidak Dibersihkan?

Kompas.com - 01/07/2023, 13:46 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Botol minum sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari untuk memastikan mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Namun, beberapa dari Anda mungkin tidak berpikir untuk mencuci botol minum tersebut, mengingat Anda selalu mengisinya dengan air bersih dan tidak berbagi dengan orang lain.

Botol minum yang tidak rutin dicuci atau dibersihkan dapat memberi efek buruk bagi kesehatan.

Efek tidak membersihkan botol minum

Dikutip dari Live Strong, Kamis (29/6/2023) jika tidak cukup sering membersihkan botol, hal itu dapat menyebabkan penumpukan kuman, seperti bakteri dan jamur, yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan seseorang.

"Jamur cenderung tumbuh di air tergenang dan kerena botolnya tidak pernah steril, bakteri juga dapat tumbuh," kata Maria Vila, DO, spesialis pengobatan keluarga di Morristown, New Jersey.

"Juga, jika Anda minum langsung dari botolnya, bakteri dari mulut akan berpindah ke air dan tumbuh di dalam botol Anda," jelasnya.

Baca juga: Apakah Efek Minum Kopi di Sore Hari?

Selain mulut, bakteri yang mungkin menempel pada botol minum yang tidak dibersihkan juga dapat terbawa dari tangan yang berasal dari permukaan benda lain yang sudah dipegang seseorang.

"Bakteri dari mulut Anda tidak begitu memprihatinkan karena tubuh Anda sudah terbiasa dengannya, tetapi bakteri yang berasal dari tangan Anda atau berasal dari orang lain yang berbagi botol dengan Anda adalah masalahnya," kata Alex Lewis, RD, LD, ahli diet untuk Baze.

Selain itu partikel makanan dari mulut dapat berpindah ke botol air dan menciptakan lingkungan yang ramah untuk pertumbuhan jamur.

Apalagi jika botol berisi dengan minuman manis yang mengandung gula. Hal tersebut akan mempercepat pertumbuhan organisme yang pada akhirnya membuat sakit jika botol tidak dibersihkan dengan benar sebelum digunakan lagi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut akibatnya seseorang bisa merasa mual dan sakit perut, serta kelelahan,sakit kepala.

Atau jika ada jamur dalam botol minum yang tidak dibersihkan, efek yang dapat muncul misalnya gejala alergi, seperti bersin dan hidung tersumbat dapat juga terjadi.

Baca juga: Apakah Efek Memakai Topi Setiap Hari?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com