Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Olahraga menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Namun setelah selesai berolahraga, beberapa dari Anda mungkin ada yang menunda untuk mandi karena melanjutkan aktivitas lain. 

Beberapa bahkan akhirnya berujung melewatkan mandi setelah olahraga dengan berbagai alasan.

Pertanyaannya, apa melewatkan mandi setelah olahraga dapat memiliki efek tersendiri pada tubuh?

Alasan harus mandi setelah berolahraga

Ashish Sharma, MD seorang hospitalist di Yuma Regional Medical Center menuturkan jika berkeringat setelah berolahraga, akan lebih baik untuk meluangkan waktu untuk membilasnya sebelum beralih ke aktivitas berikutnya.

Menurutnya, ini bukan hanya soal bau badan saja yang akan mengganggu orang di sekitar.

Baca juga: Apakah Efek pada Wajah Saat Berolahraga Memakai Make-up?

"Tentu saja Anda ingin menghilangkan bau keringat agar tidak membuat orang lain terganggu. Tetapi mandi setelah berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan," terang Sharma.

Dikutip dari Livestrong, Kamis (1/6/2023) selama latihan intensif, seseorang mungkin mengalami ruam panas hingga kerusakan kulit.

Risiko kerusakan kulit oleh bakteri ini dapat terjadi lebih cepat, terutama pada kulit yang berkeringat. Itu lah alasan, mengapa mandi setelah olahaga dapat membantu mencegahnya.

"Dengan tidak mandi setelah berolahraga, Anda memberi kesempatan pada keringat dan minyak alami yang terkumpul di kulit untuk membuat penumpukan lilin. Ini dapat menyebabkan peradangan pada pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat," kata Arash Akhavan, MD, pendiri Dermatology and Laser Group di New York City.

Jenis olahraga yang dilakukan juga memengaruhi bahwa seseorang akan lebih baik mandi setelahnya.

Baca juga: Apakah Efek Kurang Tidur Berkepanjangan pada Tubuh?

Misalnya orang yang lebih banyak berolahraga di luar ruangan seperti hiking atau bersepeda. Manfaat mandi setelah olahraga di luar ruangan ini akan membantu membersihkan diri dari debu luar ruangan, serta racun pencemaran lingkungan yang menempel pada kulit.

Seiring waktu, efek buruk melewatkan mandi setelah olahraga juga dapat menyebabkan infeksi. Ini lantaran jamur tumbuh lebih cepat di lingkungan yang hangat dan lembap.

Mandi setelah berolahraga

Sebelum mandi, Sharma menyarankan untuk menunggu sekitar 15 menit setelah olahraga selesai untuk memberi waktu pada tubuh kembali ke suhu dan detak jantung normal.

Jika memang dalam keadaan yang terburu untuk segera menuju aktivitas lainnya, gunakan tisu tubuh, cuci tangan dengan air dan sabun, usapkan deodoran dan ganti pakaian baru.

Akan tetapi, perlu diingat, pastikan untuk segera mandi untuk membersihkan diri dari kotoran dan pastikan tidak memakai kembali pakaian berkeringat yang sama di olahraga berikutnya tanpa mencuci terlebih dahulu.

Baca juga: Apakah Efek Tidur Sambil Marah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com