Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Efek Obat Zombi Xylazine pada Tubuh Manusia?

Kompas.com - 31/05/2023, 12:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Obat zombi atau xylazine telah menjadi krisis kesehatan di Philadelphia, Amerika Serikat. Banyak orang yang kecanduan obat tersebut dan menyebabkan warganya berperilaku seperti zombi.

Penyalahgunaan xylazine terus meluas di negara bagian AS tersebut, dan menjadikannya sebagai obat zombi. Xylazine adalah obat penenang hewan yang digunakan para dokter hewan.

Namun, xylazine yang juga dikenal sebagai obat tranq, tranq dope ini memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan saat dikonsumsi oleh manusia.

Lantas, apakah efek obat zombi atau tranq terhadap tubuh manusia, dan apa bahayanya jika mengonsumsi obat ini?

Obat zombi atau xylazine banyak disalahgunakan. Sebagian besar, obat tersebut dicampur atau dipalsukan dan digunakan sebagai aditif dengan zat opioid lain seperti heroin, fentanyl (fentanil) dan kokain.

Baca juga: Apakah Efek Memakai Topi Setiap Hari?

Regulator kesehatan Amerika Serikat melaporkan bahwa efek berbahaya obat zombi tersebut telah menjadi penyebab kematian akibat overdosis di negara ini.

Efek berbahaya obat zombi pada manusia

Tranq atau xylazine adalah obat penenang non-opioid yang menurut FDA, legal digunakan untuk hewan. Biasanya, digunakan dokter hewan saat merawat anjing, kucing dan kuda.

Jika obat ini dikonsumsi manusia, maka seperti dilansir dari WebMD, Rabu (31/5/2023), ketika overdosis obat yang mengandung tranq, maka dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Bahkan, dalam kasus overdosis obat xylazine yang parah, bisa menyebabkan kematian.

Sebab, efek samping obat zombi ini dapat terlihat sangat mirip dengan overdosis obat-obatan yang mengandung opioid, seperti heroin atau kokain.

Baca juga: Apakah Efek Kurang Tidur Berkepanjangan pada Tubuh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com