Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Xylazine Tranq yang Disebut Obat Zombi di Philadelphia?

Kompas.com - 31/05/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Philadelphia menjelma menjadi kota zombi setelah banyak warganya dilaporkan kecanduan xylazine, atau yang juga dikenal sebagai 'tranq drug' di kalangan orang-orang jalanan di negara bagian ini.

Berbagai video viral di media sosial yang menunjukkan bagaimana obat xylazine telah menyebabkan warga Philadelphia tampak seperti zombi dan membuat kota tersebut menjadi sangat mengerikan.

Peredaran obat zombi xylazine semakin tidak terkendali. Akibatnya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/5/2023), regulator kesehatan Amerika Serikat mengeluarkan peringatan impor untuk bahan obat dan produk yang terkait dengan xylazine.

Xylazine obat penenang hewan

Lantas, apa itu xylazine yang dikenal sebagai tranq drug atau obat zombi?

Baca juga: Apa Itu Hiperventilasi dan Bahayanya?

Seperti dikutip dari WebMD, xylazine merupakan obat yang umumnya dikenal sebagai 'tranq', yakni obat analgesik sedatif non-opioid.

Sebagian besar, obat xylazin dicampur atau dipalsukan dan digunakan sebagai aditif dengan zat opioid lain seperti heroin, fentanyl (fentanil) dan kokain.

Campuran tranq dapat meningkatkan atau meniru efek obat-obatan aditif narkotika. Sebab, faktanya, sekarang obat tranq banyak ditemukan, hingga 15 persen, dalam tes fentanyl.

Kendati demikian, paparan campuran bahan kimia dapat memberikan efek berbahaya, yang berpotensi mengancam jiwa pada kesehatan.

Bahkan, efek samping obat xylazine yang disalahgunakan ini dapat menyebabkan luka yang mengerikan (ulkus kulit nekrotik) pada kulit. Ini lah yang kemudian membuat orang-orang yang kecanduan tranq, kulit mereka tampak seperti zombi.

Baca juga: Apa Itu Etilen Oksida, Zat yang Ditemukan dalam Produk Mi Instan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com