Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2024, 10:37 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Mati rasa pada jari adalah kondisi hilangnya sebagian atau seluruh sensasi pada jari, yang, biasanya, akan hilang dengan sendirinya.

Ini merupakan hal yang cukup umum, namun jari mati rasa yang tidak kunjung hilang atau semakin memburuk mungkin merupakan tanda masalah kesehatan.

Apa saja penyebab jari mati rasa?

Saraf di tubuh bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan ke dan dari otak. Mati rasa dapat terjadi jika saraf-saraf ini tertekan, rusak, atau teriritasi. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan jari mati rasa.

1. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome biasanya menyebabkan gejala seperti:

  • Mati rasa pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah
  • Perasaan geli
  • Nyeri
  • Rasa terbakar

Hal ini terjadi ketika saraf median di lengan terjepit atau terhambat di pergelangan tangan atau karena gerakan berulang, seperti menggunakan perkakas tangan atau mengetik di keyboard.

Baca juga: Kembar Identik Kok Punya Sidik Jari yang Berbeda?

2. Radikulopati serviks

Radikulopati serviks, juga dikenal sebagai saraf terjepit, terjadi ketika saraf di bagian atas tulang belakang leher tertekan. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan kecanggungan yang menjalar ke tangan.

Dua penyebab paling umum dari saraf terjepit di leher adalah degenerasi tulang seiring bertambahnya usia dan herniasi diskus.

3. Diabetes

Suatu kondisi yang disebut neuropati diabetik dapat menyebabkan kerusakan saraf di kaki dan tangan. Hingga 50 persen penderita diabetes mungkin mengalami kondisi ini.

Mati rasa, nyeri, atau kelemahan biasanya dirasakan pertama kali pada kaki dan tungkai, namun bisa juga menyerang tangan dan lengan.

4. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud menyebabkan mati rasa ketika arteri kecil di jari mengejang atau menyempit. Hal ini memengaruhi sirkulasi dan menurunkan oksigen ke saraf di tangan.

Baca juga: Diabetes Bisa Sebabkan Kaki Mati Rasa, Waspadai Luka pada Kaki demi Cegah Amputasi

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh suhu dingin dan tekanan emosional. Jari-jari yang terkena mungkin terlihat pucat atau kebiruan selama suatu episode.

5. Artritis reumatoid

Artritis reumatoid adalah kelainan autoimun yang menyebabkan pembengkakan, nyeri tekan, dan nyeri pada persendian. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tangan kesemutan, mati rasa, dan terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com