Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2023, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari atau sunflower adalah salah satu bunga paling populer di dunia dan memiliki tampilan khas, yakni kelopak besar berwarna kuning cerah dengan warna coklat di pusat atau tengah bunga. 

Umumnya, bunga matahari tumbuh tinggi dan berwarna kuning. Namun, sebetulnya, bunga matahari tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, seperti coklat dan hitam.  

Baca juga: Simbol dan Makna Bunga Matahari, Umur Panjang hingga Kemakmuran

Banyak orang yang pertama kali menanam bunga matahari menginginkan bunga yang menjulang tinggi.  Akan tetapi, dalam beberapa kasus, bunga matahari bisa tidak tumbuh sempurna alias pendek. 

Ada beberapa penyebab bunga matahari tumbuh pendek. Untungnya, hal ini dapat diperbaiki sehingga dapat menanam bunga matahari yang tumbuh tinggi dan dapat dilihat semua orang di lingkungan Anda.  

Dikutip dari Bountiful Gardener, Kamis (14/9/2023), berikut sejumlah penyebab bunga matahari tumbuh pendek.  

Baca juga: 15 Bunga Simbol Permintaan Maaf, Bunga Matahari hingga Mawar

Pemindahan yang terlambat

Ilustrasi bunga matahari.Shutterstock/Vera Larina Ilustrasi bunga matahari.
Bunga matahari tumbuh paling baik ketika ditanam langsung. Namun, Anda dapat memulai menanam bunga matahari di dalam ruangan dan memindahkannya ke luar.

Masalahnya adalah bunga matahari memiliki akar tunggang yang dalam. Jika membiarkan bunga matahari terlalu matang di dalam pot starter, akarnya tidak akan mampu menopang tanaman yang besar pada kemudian hari, yang menyebabkannya menjadi lebih pendek.

Selain itu, akar bunga matahari cukup sensitif, mirip dengan ketimun dan labu, sehingga harus memindahkannya dengan hati-hati agar tidak merusaknya.

Bunga matahari akan pulih, tetapi mungkin akan menjadi lebih pendek dari potensinya.

Saat menabur bunga matahari di dalam ruangan, pindahkan selambat-lambatnya saat daun pertama kali muncul dan berhati-hatilah agar tidak merusak akarnya. 

Baca juga: Makna Bunga Matahari di Berbagai Kebudayaan

Kerusakan akibat cuaca dingin

Selanjutnya, penyebab bunga matahari tumbuh pendek adalah cuaca dingin. Bunga matahari sangat lembut dan tidak menyukai suhu yang sangat dingin.

Jika bibit bunga matahari terkena hawa dingin yang tiba-tiba atau nyaris selamat dari cuaca dingin yang sangat dingin, bunga bisa saja menjadi kerdil untuk musim ini meski tampak sehat. 

Untuk mencegah hal ini, tanam atau pindahkan bunga matahari dengan baik setelah ancaman embun beku berlalu dan suhu tanah setidaknya 10 derajat Celsius.  

Baca juga: Mengenal Bunga Matahari, dari Asal Usul, Sejarah, Jenis, dan Manfaat

Menanam berdekatan 

Ilustrasi bunga matahari.Unsplash/dnguri Ilustrasi bunga matahari.
Bunga matahari memiliki sistem akar yang sebanding dengan ukurannya di atas tanah sehingga bunga matahari yang besar memiliki akar lebar dan dalam.

Beberapa varietas bunga matahari yang sangat besar, seperti Russian Mammoth atau Titan, bisa memiliki akar yang tumbuh hingga beberapa meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com