Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membersihkan Alat Makan Kayu dengan Benar

Kompas.com - 13/09/2023, 22:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Alat makan kayu sudah sejak lama digemari karena tampilannya yang estetik dan tahan lama. Secara alami, kayu memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah kontaminasi bakteri maupun jamur.

Meskipun demikian, kayu cukup sensitif terhadap bahan kimia keras, kelembapan, dan panas yang ekstrem. Maka dari itu, alat makan dari kayu tidak boleh terkena air dalam waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara membersihkan alat makan kayu? Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (13/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Rasa Sabun pada Alat Makan Silikon

Alat dan bahan

  • Kuas atau spons non abrasif
  • Handuk atau tisu dapur
  • Sabun cuci piring

Bilas alat makan yang sudah digunakan

Setelah digunakan, alat makan dari kayu sebaiknya langsung dibilas menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa makannya. Sebab, alat makan ini mudah menyerap noda dan bau, sehingga harus langsung dibilas.

Cara merawat alat makan kayuSHUTTERSTOCK/AS Foodstudio Cara merawat alat makan kayu

Jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa merusak alat masak, sebaiknya gunakan air hangat.

Bersihkan menggunakan sabun cuci piring

Berikutnya, cuci alat masak dari kayu menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Oleskan sabun cuci piring, teteskan sedikit air hangat, lalu gunakan spons atau sikat non abrasif untuk mengangkat nodanya.

Baca juga: 3 Manfaat Sabun Cuci Piring selain Membersihkan Alat Makan

Bersihkan seluruh area alat makan dan pastikan tidak ada noda sisa makanan yang tertinggal.

Bilas dan keringkan

Setelah semua bagian alat makan terkena sabun, bilas menggunakan air hangat. Lalu, keringkan menggunakan handuk atau tisu dapur.

Pastikan alat makan kering sempurna. Untuk mempercepat pengeringan, Anda bisa menyimpan alat makan ini di rak pengering piring. Setelah semua bagian kering, simpan alat makan dari kayu ini di tempat sejuk dan berventilasi.

Kapan harus mengganti alat makan kayu?

Meskipun alat makan dari kayu kokoh, namun penggunaannya tidak bisa selamanya. Anda tetap perlu mengganti alat makan ini saat sudah usang.

Alat makan yang terbuat dari kayu bisa diganti setiap lima tahun sekali atau saat terjadi perubahan fisik seperti; retak, bengkok, dan perubahan warna karena jamur.

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Meletakkan Alat Makan di Mesin Pencuci Piring

Jika alat makan kayu Anda sudah menunjukkan ciri tersebut, walaupun belum lima tahun pemakaian, sebaiknya langsung buang dan ganti dengan yang baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com