Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menyimpan dan Membersihkan Alat Makan Anak agar Bersih

Kompas.com - 14/11/2021, 13:37 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebersihan hingga cara menyimpan peralatan makan anak haruslah diperhatikan.

Sebab, anak-anak terutama balita memiliki perut yang sensitif sehingga apabila peralatan makannya kotor akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, penyimanan alat makan juga perlu dipertimbangkan agar anak tidak sembarangan menjatuhkannya dan melukai diri mereka.

Melansir dari Merrymaids pada Minggu (14/11/2021) berikut ini tips menyimpan dan membersihkan piring makan anak.

Baca juga: 7 Manfaat Mesin Pencuci Piring Selain Membersihkan Peralatan Makan

Gunakan air panas

Faktanya adalah mikroba jahat ada di mana-mana dan dapat hidup di permukaan yang keras, termasuk piring anak-anak Anda.

Kami memiliki beberapa sumber daya untuk memerangi kuman berbahaya ini; salah satunya adalah air panas.

Tapi apakah air panas membunuh bakteri? Jawaban singkatnya adalah ya dan tidak. Air panas saja tidak dapat membunuh semua bakteri berbahaya yang dapat berkembang di piring anak-anak Anda.

Namun, ini adalah pendamping desinfektan yang sempurna (bila dicocokkan dengan sabun cuci piring) untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan makan anak-anak dengan benar.

Baca juga: 6 Keunggulan Menggunakan Peralatan Makan Keramik

Hindari penggunaan mesin pencuci piring

Mesin pencuci piring adalah penemuan luar biasa yang membantu Anda menghemat waktu saat menyelesaikan pekerjaan rumah.

Namun, ketergantungan yang tinggi pada peralatan pembersih otomatis dapat merusak peralatan makan dan botol anak-anak Anda dan bahkan menciptakan tempat bagi kuman untuk bersembunyi.

Sementara beberapa mesin pencuci piring memiliki pengaturan "sanitasi", selalu lebih baik untuk berhati-hati dan mencuci tangan dengan spons bersih untuk mendapatkan semua sudut dan engkol yang mungkin terlewatkan oleh mesin pencuci piring Anda. pencuci piring berlebihan

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menata Laci Peralatan Makan

Buatlah sistem penyimpanan agar lebih teratur

Untuk mengurangi sampah kertas dan plastik, kamu bisa mulai membiasakan diri membawa botol minum, alat makan, sedotan metal, dan tumbler khusus kopi sendiri. DOK. SHUTTERSTOCK Untuk mengurangi sampah kertas dan plastik, kamu bisa mulai membiasakan diri membawa botol minum, alat makan, sedotan metal, dan tumbler khusus kopi sendiri.

Apakah Anda lebih suka hidangan anak Anda diatur berdasarkan warna, ukuran, atau keduanya, penting untuk memiliki sistem untuk mengurangi kekacauan dan menjaga semuanya tetap teratur.

Saat membuat strategi organisasi, Anda sebaiknya mempertimbangkan usia anak-anak Anda dan seberapa sering mereka menggunakan item tertentu.

Misalnya, jika Anda memiliki bayi yang masih menggunakan botol, memiliki semua botol yang mudah diakses di lemari akan memudahkan Anda.

Baca juga: Tidak Sembarang, Begini Cara Mencuci Peralatan Makan Berbahan Kayu

 

Sebuah sistem yang dapat menjaga barang-barang di lemari Anda tetap rapi dan membantu anak-anak Anda belajar mengatur peralatan makan adalah dengan memberi setiap anak rak mereka sendiri di lemari.

Anda bahkan mungkin ingin memberi label secara fisik pada rak dengan nama anak-anak Anda sehingga semua orang tahu secara spesifik ke mana piring mereka pergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com