Kompas.com - 28/10/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring atau dishwasher berfungsi membersihkan berbagai perlengkapan makan dan peralatan dapur seperti piring, gelas, sendok, panci, dan sebagainya. 

Namun, sebetulnya, mesin pencuci piring lebih dari sekadar membersihkan atau mencuci perlengakapan makan. Rupanya, mesin pencuci piring juga bermanfaat meringankan beragam beban pekerjaan rumah tangga lainnya. 

Dilansir dari All Recipes, Kamis (28/10/2021), berikut manfaat mesin pencuci piring selain mencuci perlengkapan makan. 

Baca juga: Benarkah Menggunakan Mesin Pencuci Piring Lebih Boros?

Mencuci topi

Untuk menghindari topi membengkok ketika dicuci dengan mesin cuci, lemparkan topi ke rak atas mesin pencuci piring dan jalankan siklus dingin (cold cycle).

Kamu bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada topi. Namun, jangan menjalankan siklus pengeringan. Sebagai gantinya, biarkan topi mengering di luar ruangan. 

Baca juga: Punya Mesin Pencuci Piring? Hindari Menggunakannya Terlalu Sering

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Segarkan sandal jepit

Sandal jepit bisa menjadi kotor, berpasir, bau, dan lengket setelah dipakai terus-menerus.

"Gantung sandal jepit di rak dan jalankan siklus dingin (cold cycle), gunakan campuran baking soda dan cuka. Sandal jepit akan bersih dalam waktu singkat," kata Molly Maid, perusahaan neighbourly.

Selain itu, sepatu bot hujan, sepatu air, hingga sneaker berbahan kanvas dengan sol karet dapat dicuci dengan aman di mesin pencuci piring. Namun, hindari mengeringkan dengan siklus pengeringan untuk menghindari penyusutan. 

Baca juga: 3 Mitos Mesin Pencuci Piring yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

Cuci piring microwave

Piring atau tatakan dalam microwave kerap terkena tumpahan dan cipratan berbagai makanan. Tumpahan ini bisa dengan cepat mengeras dan menimbulkan bau. 

"Letakkan piring microwave di rak bawah dengan piring dan mangkuk yang lain. Biasakan melakukan ini seminggu sekali," kata Molly Maid. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.