Kompas.com - 12/08/2022, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari adalah salah satu bunga tercantik dan populer di dunia. Bunga yang banyak disukai ini memiliki tampilan khas dan berbeda dari bunga lainnya.

Bunga matahari mempunyai kelopak bunga yang besar berwarna kuning cerah dengan cokelat pada bagian tengahnya. Bunga ini bisa tumbuh tinggi mencapai empat meter.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Bunga Matahari

Tampilannya yang cantik ini membuat bunga matahari banyak disukai dan siapa pun yang melihatnya akan tampak ceria. 

Bunga bernama ilmiah Helianthus Annuus ini ternyata juga memiliki kisah yang luar biasa untuk diceritakan, dari asal usul, sejarah, jenis bunga matahari, warna, hingga karakteristiknya. 

Berikut ini sejumlahfakta menarik bunga matahari dilansir dari Petal Republic, Jumat (12/8/2022). 

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Diketahui Tentang Bunga Matahari

Asal usul dan sejarah bunga matahari 

Ilustrasi bunga matahari. PIXABAY/YEON WOO LEE Ilustrasi bunga matahari.
Bunga matahari berasal dari Amerika dan pertama kali didomestikasi di Meksiko saat ini dan di tempat yang sekarang Amerika Selatan sejak 2100 Sebelum Masehi.

Begitu orang Eropa mencapai "Dunia Baru", bunga matahari dibawa kembali ke negara mereka dan mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

Bunga matahari muncul dalam mitologi Yunani kuno dan nama spesiesnya berasal dari bahasa Yunani, yakni Helioanthus dengan helios yang berarti matahari dan anthos yang berarti bunga.

Secara historis, bunga matahari telah digunakan dalam upacara keagamaan Inca—kelompok bangsa Indian dari Amerika Selatan, sebagai obat di antara suku-suku asli Amerika, serta titik fokus karya seni ikonik di seluruh Eropa dan Asia. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari, Bikin Halaman Rumah Lebih Cerah

Karakteristik botani bunga matahari

Ilustrasi bunga matahari. PIXABAY/USCHI DUGULIN Ilustrasi bunga matahari.
Bunga matahari adalah bagian dari genus Helianthus yang terdiri atas 70 spesies tumbuhan. Semua, kecuali tiga spesies Helianthus, berasal dari Amerika Utara dan Amerika Tengah. Helianthus annuus adalah spesies yang kita kenal sebagai bunga matahari biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.