Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Gastronomi Indonesia Dikenal Dunia, Rempah Jadi Kekuatan

Kompas.com - 03/07/2022, 15:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gastronomi merupakan lingkup bahasan suatu hidangan secara lebih luas dan mendalam. Tidak hanya sebatas pengolahan makanan melainkan juga mencakup budaya dan sejarah makanan.

Dikutip dari Kompas.com  yang tayang pada Kamis (8/4/2021), Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Eni Hermayani mengatakan bahwa gastronomi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama ratusan tahun.

Pembahasan gastronomi tidak dapat dipisahkan dengan bahasan kuliner. Bedanya, kuliner dikenal sebagai seni memasak yang sehat dan bergizi.

Sementara gastronomi mencangkup seni, praktik, kajian tentang pemilihan, preparasi, produksi, penyajian, dan penikmatan berbagai makanan dan minuman. 

Baca juga:

Indonesia sebagai dapur gastronomi terbesar dunia

Ilustrasi rempah-rempah Indonesia. SHUTTERSTOCK/READNEO Ilustrasi rempah-rempah Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah, budaya, dan sejarah. Hal ini menjadi salah satu alasan Indonesia dinilai sebagai dapur gastronomi terbesar di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Pakar Sejarah dan Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso saat acara "Story Telling untuk Memperkenalkan Gastronomi Indonesia" di Museum Nasional pada Kamis (30/6/2022).

"Sebetulnya ada banyak bahan makanan lain yang membuat kekayaan gastronomi di Indonesia dikenal di dunia. Salah satu primadonanya yaitu rempah yang menjadi daya tarik bangsa lain," kata Bondan.

Menambahkan dari Kemenparekraf,  data Food and Agriculture Organizaton (FAO) mencatat Indonesia pernah menempati peringkat keempat sebagai negara penghasil rempah di dunia pada 2016.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com