Kompas.com - 02/07/2022, 21:31 WIB

 

KOMPAS.com - Ada mi nyemek legendaris di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tidak jauh dari Kota Solo. 

Namanya Mie Neyemek Mbah Imo yang berlokasi di Dusun Tundungan, Desa Sroyo, Kecamatan Jaten. 

Samino (51) anak dari Mbah Imo sekaligus pengelola warung tersebut mengatakan usaha mie nyemek ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu.

"Pertama kali warung ini didirikan ayah saya mbah Imo, awalnya jualan dekat warung saat ini, baru 10 tahun yang lalu pindah ke sini," kata Samino kepada TribunSolo.com, Rabu (29/6/2022).

Baca juga:

Samino mengatakan, dalam proses masak mie nyemek buatannya tidak menambahkan bumbu-bumbu khusus

"Hanya pakai bumbu bawaan mie saja, namun sebelum mie di masukan, mie direndam di air hangat dulu, agar pengawet dalam mie larut dalam air, selain itu, pemesan bisa minta pedes atau tidak," ucap Samino.

Bahan makanan yang digunakan untuk sajian mie nyemek yaitu hanya mi instan goreng merek tertentu dan sambal gandaria.

Samino mengaku mi nyemek buatannya masih diminati masyarakat hingga sekarang.

Bahkan saat pandemi, warung tersebut tetap diserbu pembeli meski tak sebanyak saat sebelum pandemi. Hindangan favorit pelanggan adalah mi nyemak pedas. 

"Rata-rata penghasilan kotor per hari Rp 1,5 juta per hari, jika dihitung penghasilan bersih Rp 500 ribu per hari," kata Samino.

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Kuliner Enak Karanganyar : Mie Nyemek Mbah Imo Jaten, Tak Pernah Sepi Pembeli Sejak 25 Tahun Lalu,

https://solo.tribunnews.com/2022/06/30/kuliner-enak-karanganyar-mie-nyemek-mbah-imo-jaten-tak-pernah-sepi-pembeli-sejak-25-tahun-lalu?page=2.

Penulis: Mardon Widiyanto | Editor: Hanang Yuwono

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.