Kompas.com - 08/04/2021, 10:09 WIB
Ilustrasi sajian gastronomi molekuler. Dok. The ManualIlustrasi sajian gastronomi molekuler.

KOMPAS.com - Istilah gastronomi semakin bergaung beberapa tahun belakangan di Indonesia. Namun gastronomi bukanlah kata yang umum.

Uniknya, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Eni Hermayani, mengatakan, gastronomi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama ratusan tahun.

Gastronomi merupakan istilah yang berkaitan erat dengan kuliner.

Baca juga: Pusat Kajian Kuliner dan Gastronomi Indonesia Hadir di UGM

Bedanya, kuliner dikenal sebagai seni memasak yang sehat dan bergizi, sedangkan istilah gastronomi memiliki pengertian yang lebih luas.

Menurut Eni pengertian gastronomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seni, praktik, dan kajian tentang pemilihan, preparasi, produksi, penyajian dan penikmatan berbagai makanan dan minuman.

Sebagai negara megabiodiversitas, Indonesia memiliki ragam kuliner dan gastronomi yang besar.

Jika dikelola dengan baik, keduanya bisa berdampak luas bahkan mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Sejarah Kuliner Indonesia Jadi Populer di Belanda, gara-gara Koran?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X