Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Jamur Kuping, Biasa Dipakai untuk Bikin Sup?

Kompas.com - 06/12/2021, 09:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis jamur yang bisa digunakan untuk memasak. Salah satunya adalah jamur kuping.

Jamur kuping kerap digunakan untuk membuat sup atau tumisan. Tekstur jamurnya kuping renyah dan rasanya ringan sehingga cocok dikombinasikan dengan beragam bahan.  

Baca juga:

Sebetulnya apa itu jamur kuping? Lebih jelasnya, simak ulasan ini. 

Ilustrasi jamur kuping. PIXABAY/KEVIN CANNINGS Ilustrasi jamur kuping.

Mengenal jamur kuping

Melansir dari The Spruce Eats, jamur kuping tumbuh di kulit pohon tua dan berwarna coklat kehitaman. Bentuk jamur kuping mirip seperti daun telinga. 

Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama jamur kuping. 

Di Indonesia jamur kuping juga dibudidayakan layaknya jamur tiram. Media tanamnya pun mirip seperti jamur tiram, yakni memakai serbuk kayu. 

Pada usia tiga bulan biasanya jamur kuping sudah dapat dipanen. Selanjutnya, petani jamur kuping akan mengeringkannya lalu menjualnya. 

Baca juga:

Lebih jauh, jamur kuping adalah bahan populer dalam masakan China, Malaysia, dan Maori. Penggunaannya biasanya untuk tumisan, sup, dan campuran masakan seperti daging babi.

Karena rasa yang cukup netral, jamur kuping juga dipakai dalam makanan penutup khas Kanton. 

Sekilas sejarah jamur kuping 

Ilustrasi jamur kuping kering. SHUTTERSTOCK/ Yessi Frenda Ilustrasi jamur kuping kering.

Menambahkan dari Healthline, jamur kuping banyak tumbuh di Asia. Kendati demikian tanaman ini juga menyebar hingga ke Australia, Amerika Utara, Eropa, dan Afrika.

Sebelum digunakan untuk memasak, jamur kuping lebih dulu dipakai sebagai obat tradisional dalam pengobatan China. Tepatnya pada masa Dinasti Tang, yakni antara 618-907 masehi.

Tak hanya itu, jamur kuping pun sempat digunakan sebagai obat herbal oleh penduduk asli Amerika. Dalam beberapa abad terakhir, penduduk Eropa pun memanfaatkan sebagai obat.

Baca juga:

Dewasa ini jamur kuping lebih sering dipakai untuk memasak. Sama halnya dengan masyarakat Tiongkok, jamur kuping pun dipakai untuk pelengkap sup dan tumisan. 

Bahkan ada pula yang coba menggorengnya menjadi camilan renyah. 

Ada dua macam jamur kuping yang umum dijual di pasaran, yaitu jamur kuping basah dan kering. Keduanya sama-sama bisa dipakai untuk memasak, tapi cara mengolahnya sedikit berbeda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com