Kompas.com - 05/12/2021, 21:14 WIB
Ilustrasi tiwul. SHUTTERSTOCK/ Sutana4Ilustrasi tiwul.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tiwul adalah bahan pangan lokal yang populer di beberapa daerah, seperti Gunung Kidul dan Wonogiri. 

Makanan ini terbuat dari singkong yang dikeringkan atau biasa disebut geplek. Penyajiannya bisa seperti nasi atau dibuat kudapan.

Baca juga:

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tiwul, simak dalam ulasan berikut.

Nasi goreng tiwul. DOK. SOBAT COOKPAD DARIN SAFA @darinsafacookpad Nasi goreng tiwul.

1. Bisa jadi pengganti nasi

Saat ini tiwul dikenal sebagai kudapan yang manis karena umum dimasak dengan gula merah. Kendati demikian, dulu tiwul adalah makanan alternatif pengganti nasi. 

Menurut Kompas.comtiwul bisa jadi pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya juga tinggi. Tak kalah dengan beras putih biasa. 

Baca juga: Resep Nasi Goreng Tiwul, Olahan Tepung Gaplek dari Singkong

Namun untuk melengkapi sumber gizinya, kamu perlu menambahkan lauk pendamping lainnya.

2. Makanan pokok daerah tandus 

Menurut Heri Priyatmoko, sejarawan sekaligus pengajar program studi sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, tiwul adalah salah satu makanan pokok masyarakat yang tinggal di daerah tandus. 

Dahulu, kebanyakan masyarakat Gunung Kidul, Wonogiri, Pacitan, Wonosobo, dan Blitar umum mengonsumsi tiwul saat harga beras sedang mahal. 

“Tiwul yang berbahan baku singkong dijadikan pengganti nasi ketika harga beras tidak terbeli oleh masyarakat pada era penjajahan Jepang tahun 1960-an,” kata Heri, Rabu (4/9/2019).

Baca juga:

3. Kedekatan tiwul dengan masyarakat

Dalam artikel Kompas.com lainnya disebutkan bahwa tiwul adalah upaya masyarakat daerah tandus untuk mengatasi kelaparan. Terutama saat musim kemarau berkepenjangan. 

Sebab, mereka tidak dapat menanam padi karena tanahnya kering. Kendati demikian, di beberapa daerah seperti Dusun Kalisongo tiwul dinikmati sepanjang tahun. Tidak hanya saat kemarau.

Ilustrasi gaplek atau singkong kering, bahan yang digunakan untuk membuat tiwul. SHUTTERSTOCK/ Ugi Zonk Ilustrasi gaplek atau singkong kering, bahan yang digunakan untuk membuat tiwul.

4. Bahan untuk membuat tiwul 

Bahan untuk membuat tiwul yaitu singkong yang telah dikeringkan. Masyarakat Gunung Kidul menyebut bahan tersebut dengan gaplek. 

Baca juga:

5. Jenis tiwul

Ada dua jenis tiwul yang umum dijual di pasaran, yaitu tiwul instan atau kering dan tiwul manis. Tiwul kering biasa dimasak seperti nasi, sedangkan tiwul manis adalah bentuk kudapan jadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.