Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Usaha Tiwul Manis di Gunung Kidul, Oleh-oleh Favorit Wisatawan

Kompas.com - 05/12/2021, 20:13 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Tiwul mulanya adalah makanan pokok di daerah tandus, seperti Gunung Kidul dan Wonogiri. Saat harga beras mahal, masyarakat di kawasan tersebut mengonsumsi tiwul sebagai pengganti nasi. 

Dewasa ini tiwul diolah menjadi beragam hidangan. Salah satu yang populer yaitu tiwul manis dengan pelbagai varian rasa. 

Baca juga:

Di Gunung Kidul Yogyakarta, ada usaha tiwul manis yang terkenal. Namanya ialah Thiwul Manis Pak Lambang

Melalui sambungan telepon, Agus Lambang, pemilik usaha Thiwul Manis Pak Lambang membagikan ceritanya memulai usaha ini.

Ilustrasi tiwul manis yang dikemas dalam kardus. INSTAGRAM/ Thiwul Manis Pak Lambang Ilustrasi tiwul manis yang dikemas dalam kardus.

Kisah awal jualan

Thiwul Manis Pak Lambang buka sejak 2014. Sebelum berjualan tiwul, Lambang sempat bekerja di beberapa tempat. Bahkan Lambang pun pernah berjualan gorengan selama empat tahun.

"Tiwul ini juga kan saya di pinggir jalan to, saya nyoba, empat tahun. Habis itu jalannya kan makin lama makin ramai wisatanya," tutur Lambang kepada Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Baca juga:

Usai berjualan gorengan, Lambang lalu memutuskan untuk membuat tiwul. Namun saat ini Lambang masih memasarkan produknya dengan sistem titip.

Tiwul buatannya dititipkan di tempat wisata, seperti Goa Pindul dan sekitarnya. Berbekal keberanian dan keyakinan, Lambang lalu membuka tokonya sendiri.

Kebetulan saat itu jalan depan rumahnya juga ramai dilewati wisatawan.

"Terus, saya nitip ke warung-warung, terus nitip ke Pindul tempat wisata itu. Akhirnya tak berani kan diri buka sendiri. Habis itu ya ramai. Lumayan ramai, yang pelanggan itu banyak yang kembali lagi. Sampai sekarang ini sudah berapa tahun ya, sudah tujuh tahunan mungkin," jelasnya.

Ilustrasi toko Thiwul Manis Pak Lambang di Wonosari Gunung Kidul.INSTAGRAM/ Thiwul Manis Pak Lambang Ilustrasi toko Thiwul Manis Pak Lambang di Wonosari Gunung Kidul.

Tiwul yang dijual di toko milik Lambang sedikit berbeda dengan kebanyakan. Di sini kamu bisa menjumpai tiwul manis dengan aneka rasa. Ada gula jawa, kopi, cokelat, maupun keju.

Baca juga:

Sebelum bisa membuat produk seperti sekarang, Lambang sempat kesulitan mengolahnya.

Bahkan Lambang pun mencoba beberapa kali hingga bisa membuat tiwul yang lembut dan sesuai keinginannya.  

"Itu saya coba buat tiwul, itu juga enggak langsung jadi kayak gini, saya nyoba beberapa kali," ujarnya. 

Turut terdampak pandemi

Sebelum pandemi covid-19, Thiwul Manis Pak Lambang ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjungnya pun tak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com