Kompas.com - 04/12/2021, 21:12 WIB
Ilustrasi tiwul gula merah. SHUTTERSTOCK/ TyasindayantiIlustrasi tiwul gula merah.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tiwul adalah makanan tradisional dari singkong yang dikeringkan atau biasa disebut gaplek.

Di Yogyakarta dan sekitarnya, tiwul umum disajikan sebagai pengganti nasi. Masyarakat di sana menyantap tiwul dengan aneka lauk pelengkap.

 

Selain disajikan seperti nasi, tiwul juga dapat dibuat menjadi kudapan manis yang legit. Salah satu olahan yaitu tiwul gula merah. Sajian ini cocok disantap untuk sarapan atau camilan sore. 

Baca juga:

Sebagai inspirasi, berikut resep tiwul gula merah dari "101 Resep Jajan Pasar Tradisional Yang Istimewa" oleh Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Andi Publisher yang bisa disontek. 

Resep tiwul gula merah 

Bahan

  • 350 gram singkong kering atau gaplek 
  • 150 gram gula merah
  • 200 gram kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan, ukuran 20 cm 
  • 1 lembar daun pisang 
  • 350 ml air 
  • Garam secukupnya

Ilustrasi tiwul. SHUTTERSTOCK/ Sutana4 Ilustrasi tiwul.

Cara membuat tiwul gula merah

1. Tumbuk singkong kering atau gaplek hingga menjadi tepung. Percikan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai didapat butiran kecil. Sisihkan. 

2. Panaskan kukusan, alasi dengan daun pisang. Masukkan adonan tiwul ke dalam panci kukusan. Tambahkna gula merah yang sudah diserut di atasnya. 

3. Kukus kurang lebih selama satu jam, angkat. Sisihkan.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Tiwul, Olahan Tepung Gaplek dari Singkong

 

4. Kukus parutan kelapa bersama dengan daun pandan. Tambahkan sedikit garam, kukus sekitar 15 menit. Angkat lalu biarkan hingga dingin. 

5. Sajikan tiwul bersama dengan parutan kelapa di atasnya.

Buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional Yang Istimewa" oleh Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.