Kompas.com - 04/12/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi tiwul manis dengan kelapa parut. SHUTTERSTOCK/ tyasindayantiIlustrasi tiwul manis dengan kelapa parut.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tiwul bisa disantap seperti nasi atau diolah menjadi kudapan manis. Untuk mengolahnya, kamu hanya perlu mengukus saja. 

Sebetulnya cara mengukus tiwul sederhana, tapi supaya teksturnya empuk dan lembut ada beberapa khusus yang diperhatikan. 

Melalui sambungan telepon, Agus Lambang, pemilik usaha Thiwul Manis Pak Lambang membagikan cara mengukus tiwul supaya pulen. Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

1. Gunakan cerek

Ilustrasi proses mengukus tiwul pakai ceret. INSTAGRAM/ Thiwul Manis Pak Lambang Ilustrasi proses mengukus tiwul pakai ceret.

Cara mengukus tiwul manis yang akan dijual cukup unik. Alat yang digunakan untuk mengukus yaitu teko cerek dan dandang bambu. 

"Ngukusnya itu pakai cerek. Jadi, cerek itu dikasih air seperempatnya, terus dikasih kukusan kerucut itu," terang Lambang kepada Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Penggunaan alat ini dapat membuat bentuk tiwul lebih cantik. Jadi, saat dikemas atau dihidangkan tidak perlu dicetak dikembali. 

"Itu kukus sekalian nyetak atau ngebentuk. Jadi enggak perlu dibentuk lagi, cuma ditaruh di dus langsung," tambahnya. 

Baca juga:

Kendati demikian kamu pun bisa mengukusnya dengan menggunakan panci kukus biasa. Penggunaan ceret dan dandang bambu hanya untuk membentuk. 

2. Beri air

Cara mengukus tiwul instan atau kering sedikit berbeda dengan tiwul manis. Sebelum dikukus, tiwul instan harus diberi air terlebih dulu lalu diamkan sesaat, kemudian dikukus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.