Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bedakan Gula Alami dan Pemanis Buatan pada Makanan

Kompas.com - 25/04/2021, 15:04 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara alami, rasa manis yang terdapat pada makanan dan minuman diperoleh dari gula.

Saat ini, bukan hanya gula alami saja yang bisa menciptakan rasa manis pada hidangan. Namun, pemanis buatan juga terkandung di dalamnya.

Meski memiliki peran sebagai pengganti gula, belum diketahui pasti tingkat keamanan dari konsumsi pemanis buatan.

Pakar nutrisi dan dokter Tan Shot Yet mengatakan bahwa keberadaan pemanis buatan dalam satu hidangan tidak bisa diidentifikasi secara fisik.

Baca juga: 11 Bahan Pengganti Gula, Ada Stevia Hingga Gula Kelapa

Cara untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung gula alami atau pemanis buatan, yaitu dengan melihat kemasannya.

Pada bagian kemasan suatu produk biasanya akan terdapat kolom komposisi. Kamu bisa cek kandungan gula pada label nutrisi tersebut.

Dilansir dari EatingWell, berikut 3 langkah mengetahui kandungan gula dan pemanis buatan pada produk kemasan.

Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.SHUTTERSTOCK/NIKCOA Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.

1. Lihat total gula

Pada label kemasan, cek kolom komposisi di bagian gula. Baik kandungan gula alami atau pemanis buatan akan tersedia di sana.

Kandungan laktosa dalam susu dan fruktosa dalam buah termasuk jenis gula alami. Jika produk yang kamu inginkan mengandung keduanya, tidak menjadi masalah.

Gula alami dari susu dan buah biasanya tersedia dalam dosis kecil dan dikemas dengan nutrisi lain yang membantu memperlambat penyerapan.

Baca juga: Cara Pakai Tetes Tebu buat Gantikan Gula pada Resep Makanan

2. Periksa daftar bahan

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Perhatikan semua kandungan komposisi pada kemasan produk, apakah ada jenis pemanis buatan atau tidak.

Pemanis buatan akan muncul dalam satu kolom yang sama. Semakin besar kolom komposisi tersebut maka kemungkinan akan semakin banyak kandungan pemanis buatan di dalam satu produk.

Untuk produk yogurt dan jeli rendah gula, biasanya terdapat pemanis buatan bernama sakarin, asesulfam, aspartam, neotam dan sukralosa, xylitol dan stevia.

Baca juga: Stevia Bahan Pengganti Gula Nol Kalori, Simak Rasio Pakainya

3. Bandingkan produk

Tiap orang memiliki toleransi yang berbeda untuk takaran gula. Tentukan berapa jumlah maksimum gula yang dapat kamu konsumsi.

Lalu, bandingkan produk sejenis dari merek yang berbeda. Sebaiknya memilih produk dengan kandungan pemanis buatan yang lebih sedikit dibandingkan gula alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com