Cerita Abah Lala, Pencipta Lagu "Ojo Dibandingke" yang Bergema di Istana Merdeka

Kompas.com - 18/08/2022, 15:30 WIB

Wong ko ngene kok dibanding-bandingke...
Saing-saingke, yo mesti kalah...
Ku berharap engkau mengerti, di hati ini...
Hanya ada kamu...

KOMPAS.com - Begitulah sepenggal lirik lagu "Ojo Dibandingke" yang bergema saat upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Adalah Farel Prayoga, bocah asal Banyuwangi, Jawa Timur yang meng-cover lagu karya Agus Purwanto alias Abah Lala tersebut di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat berbincang dengan Kompas.com melalui sambungan telepon, Abah Lala mengaku terkejut lantaran lagu ciptaannya bisa sampai dinyanyikan di Istana Merdeka.

"Yo saya pertama kaget, langsung nangis saya, bangga. Kok bisa lagu saya yang dipilih," kata Abah Lala, Kamis (18/8/2022) siang.

Baca juga: Di Balik Viralnya Jargon Dangdut, Tarik Sis, Semongko, seperti Apa Ceritanya?

Ia mendapat kabar ihwal lagunya dinyanyikan di depan Presiden Jokowi ketika dalam perjalanan menuju Purwakarta, Jawa Barat.

"Ditelepon tetangga saya, 'Bah ini lagunya ada di televisi'. Saya kaget, dalam hati saya, 'mosok lagu saya bisa sampek sini, padahal lagu lain kan banyak, lagu Jawa kan banyak, kenapa lagu saya,'" ungkapnya.

Lebih jauh, Abah Lala mengaku mengetahui sosok Farel sebagai penyanyi cilik jebolan sekolah musik bernama One Nada Banyuwangi.

Baca juga: Jargon Tarik Sis, Semongko Kini Viral, Bagaimana Tanggapan Pencetusnya?


Filosofi lagu "Ojo Dibandingke"

Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga yang membawakan lagu Ojo Dibandingke yang disambut antusiasme pejabat negara ikut berjoget usai upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). Dok. Sekretariat Presiden Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga yang membawakan lagu Ojo Dibandingke yang disambut antusiasme pejabat negara ikut berjoget usai upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Pria kelahiran 24 Oktober 1986 itu bercerita, lagu "Ojo Dibandingke" mengangkat kisah kehidupan orang menjalin hubungan tapi berbeda kedudukan.

Lagu "Ojo Dibandingke" diciptakan Abah Lala empat bulan yang lalu.

"Katakanlah begini, masnya mau punya istri, dari pihak perempuan, si bapaknya masih belum setuju kalau dapat masnya, masih mau dicarikan jodoh yang lain dikarenakan amet sewu (mohon maaf), masnya itu belum punya pekerjaan, tidak punya latar belakang, seperti itu kira-kira," ujar dia kepada Kompas.com.

Diciptakannya lagu "Ojo Dibandingke" itu berdasarkan kisah nyata yang menimpa salah satu teman Abah Lala.

"Itu kebetulan teman saya datang ke rumah, terus cerita, 'kayaknya gagal (menikah), la bapaknya masih gak percaya sama aku, pinginnya dikenalke sama orang lain, ya gak mampu kalau dibandingkan sama ini'," terangnya.

Baca juga: Musik Dangdut Identik dengan Goyangan, Mengapa?

Lirik lagu "Ojo Dibandingke"

Berikut lirik dan terjemahan lagu "Ojo Dibandingke":

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.