Kompas.com - 18/08/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi satu atau lebih bakteri riketsia. Begitu berada di aliran darah, bakteri terus bereproduksi dan tumbuh.

Ada tiga jenis tifus yang berbeda, yaitu tifus epidemik (yang ditularkan melalui kutu), tifus endemik (murine), dan scrub tifus. 

Cara utama untuk mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan makanan, minuman, serta lingkungan di tempat Anda tinggal. Berikut ini sejumlah gejala tifus yang sebaiknya perlu diperhatikan. 

Baca juga: Penyakit Tifus: Penyebab, Gejala, dan Jenis-jenisnya

Gejala tifus

Dikutip dari Healthline, gejala tifus sedikit berbeda menurut jenis tifus, tetapi gejala tifus yang umum terjadi sebagi berikut: 

  1. Sakit kepala parah
  2. Demam tinggi 
  3. Ruam 
  4. Nafsu makan berkurang
  5. Dehidrasi
  6. Tekanan darah rendah (hipotensi)
  7. Nyeri otot 
  8. Batuk kering
  9. Mual dan muntah
  10. Diare 

Wabah tifus biasanya hanya terjadi di negara berkembang atau di daerah miskin, sanitasi yang buruk, dan kontak manusia yang dekat.

Tifus yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, dan berpotensi fatal. Penting untuk menemui dokter Anda jika Anda menduga bahwa Anda mungkin menderita tifus.

Baca juga: Tifus atau Tipes: Gejala, Penyebab, Komplikasi, dan Cara Mengobati

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.