Ramai soal Ibu Asal Tasikmalaya Meninggal Saat Lomba Balap Karung, Ini Kata Dokter

Kompas.com - 18/08/2022, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Seorang ibu muda, Rini (29) meninggal dunia saat mengikuti lomba balap karung dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Diberitakan Kompas.com (17/8/2022), Rini diduga mendapatkan serangan penyakit hipertensi. Ia juga baru 2 bulan lalu melahirkan seorang anak.

Korban sempat dilarikan ke klinik terdekat. Namun, nyawanya tidak tertolong.

Baca juga: Sederet Kejadian Tak Terduga Saat Upacara 17 Agustus 2022, Tali Pengait Putus hingga Aksi Heroik Panjat Tiang Bendera

Kronologi kejadian

Kepala Polsek Mangkubumi Polres Kota (Polresta) Tasikmalaya Inspektur Satu Hartono mengatakan bahwa korban tidak menunjukkan kondisi tengah sakit ketika mengikuti lomba balap karung.

Dia bahkan terlihat ceria. Namun, ketika mengikuti perlombaan Rini tiba-tiba ambruk saat berlomba dan tak sadarkan diri.

"Korban jatuh dan kepala serta wajahnya membentur jalan aspal hingga pingsan dan tidak sadarkan diri selanjutnya warga setempat memberikan pertolongan dan langsung dilarikannya ke Klinik Kayla," jelasnya.

Sebelum perlombaan, sejumlah warga setempat sempat melarang Rini mengikuti lomba balap karung karena baru dua bulan melahirkan seorang anak.

Namun, larangan itu tidak dihiraukan.

Baca juga: Beragam Upacara 17 Agustus Unik yang Dilakukan di Berbagai Daerah


Penjelasan dokter

Dokter penyakit dalam Andi Khomeini Takdir mengatakan, pasien dengan riwayat hipertensi memiliki risiko yang cukup berbahaya ketika harus melakukan aktivitas fisik berat dan mendadak.

"Memang ada risiko untuk pasien-pasien hipertensi jika harus beraktivitas yang tiba-tiba memaksa kerja jantung," terang Andi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.