Sederet Kejadian Tak Terduga Saat Upacara 17 Agustus 2022, Tali Pengait Putus hingga Aksi Heroik Panjat Tiang Bendera

Kompas.com - 18/08/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Rentetan kejadian tak terduga saat upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-77 terjadi di sejumlah daerah.

Kejadian itu beragam, mulai dari tali pengait putus, bendera gagal dikibarkan, hingga aksi heroik panjat tiang bendera.

Empat tahun silam, aksi heroik pelajar di SMP Negeri Silawan, Joni juga sempat menjadi perbincangan publik.

Saat itu, dia nekat memanjat tiang bendera untuk mengambil tali pengait Sang Merah Putih yang terlepas dan tersangkut ketika peringatan upacara HUT ke-73 RI.

Baca juga: Sejarah Paskibraka yang Selalu Diturunkan dalam Upacara HUT RI

Berikut Kompas.com merangkum sejumlah kejadian tak terduga yang terjadi pada upacara 17 Agustus 2022:

1. Pengait bendera rusak

Momen upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di Kota Solo, Jawa Tengah, tidak dilaksanakan pengibaran bendera merah putih karena pengkait bendera merah putih lepas atau rusak. Hanya dibentangkan secara manual serta tetap diiringi lagu Indonesia Raya, Rabu (17/8/2022)KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Momen upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di Kota Solo, Jawa Tengah, tidak dilaksanakan pengibaran bendera merah putih karena pengkait bendera merah putih lepas atau rusak. Hanya dibentangkan secara manual serta tetap diiringi lagu Indonesia Raya, Rabu (17/8/2022)

Peristiwa tak terduga saat upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam memperingati HUT ke-77 RI terjadi di Solo, Jawa Tengah.

Upacara dilaksanakan di Stadion Sriwedari, Kota Solo, Jawa Tengah (17/8/2022) itu berjalan tanpa pengibaran bendera Merah Putih.

Anggota Paskibraka gagal mengibarkan Sang saka Merah Putih lantaran pengait bendera rusak.

Dilansir dari Kompas.com, pengerek bendera Muhammad Naban Haikal Fikri mengatakan bahwa besi yang sempat dikaitkan di bendera Merah Putih itu patah.

Haikal akhirnya membentangkan bendera Merah Putih sepanjang lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Meskipun sempat batal dikibarkan, petugas langsung memperbaiki pengait bendera yang rusak sehingga bendera tetap dikibarkan dan diturunkan pada upacara sore harinya.

Baca juga: Fakta Proklamasi 17 Agustus 1945: Bambu Jemuran Jadi Tiang Bendera, Merah Putih Dijahit Fatmawati


2. Satpam panjat tiang bendera, ambil tali yang lepas

Tangkapan layar seorang petani memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustus 2022 di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.Tangkapan layar video viral Tangkapan layar seorang petani memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustus 2022 di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.