Kompas.com - 25/01/2022, 06:00 WIB
Ilustrasi koinfeksi atau infeksi dua varian virus corona. Beberapa laporan ilmiah mengungkapkan sejumlah pasien terinfeksi dua varian virus corona. Ahli pun mengatakan bahwa infeksi varian Delta dan Omicron, kemungkinan bisa terjadi. SHUTTERSTOCK/LightspringIlustrasi koinfeksi atau infeksi dua varian virus corona. Beberapa laporan ilmiah mengungkapkan sejumlah pasien terinfeksi dua varian virus corona. Ahli pun mengatakan bahwa infeksi varian Delta dan Omicron, kemungkinan bisa terjadi.

KOMPAS.com - Sejumlah hal baru ditemukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait varian Omicron, seperti risiko tetap tinggi, lebih menginfeksi bronkus, dan update lainnya.

WHO juga mengungkapkan bahwa varian Omicron telah terdeteksi di 171 negara.

Mengutip Deccan Herald, Minggu (23/1/2022), temuan itu diungkapkan dalam laporan teknis terbaru WHO.

Dalam laporan itu, WHO mengatakan bahwa Omicron akan segera menggantikan Delta secara global, akibat penyebarannya yang cepat.

“Pada 20 Januari, varian Omicron telah diidentifikasi di 171 negara. Varian ini dengan cepat melampaui Delta di sebagian besar negara, mendorong peningkatan kasus di semua wilayah," tulis WHO.

Selain itu WHO menemukan, Omicron memiliki pertumbuhan yang signifikan, tingkat serangan sekunder yang lebih tinggi, dan jumlah reproduksi lebih tinggi dari Delta.

WHO menulis penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami kontribusi relatif dari peningkatan penularan.

Baca juga: Lebih Menular dari Delta, Benarkah Semua Orang Akan Terinfeksi Omicron? Ini Kata WHO

Risiko Omicron tetap tinggi

Mengutip Times of India, Minggu (23/1/2022), meskipun infeksinya disebut ringan, WHO mengatakan, bukti saat ini menunjukkan risiko Omicron sangat tinggi.

Selain itu, penyebarannya di masyarakat jauh lebih banyak daripada varian Covid-19 sebelumnya.

Meskipun risiko keparahan dan kematian akibat infeksi lebih rendah dari varian sebelumnya, tetapi tingkat penularan yang sangat tinggi menyebabkan peningkatan rawat inap.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.