Kompas.com - 24/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Pertengahan Januari 2022, Inggris diprediksi jadi negara pertama yang berhasil keluar dari pandemi Covid-19.

Sebagaimana dikutip dari The Times(11/1/2022), pakar kesehatan publik London School of Hygiene and Tropical Medicin, Professor David Heymann mengatakan, tingkat kekebalan masyarakat Inggris di level sangat tinggi.

Sehingga, dia memprediksi virus corona di Inggris akan teratasi dan kembali ke pola penyebaran normal seperti infeksi lainnya.

Beberapa hari lalu pemerintah Inggris menghapus wajib masker, tetapi masih disarankan mengenakannya di ruang tertutup, saat ramai, dan bertemu orang asing.

Benarkah pandemi Covid-19 di Inggris sudah berakhir?

Baca juga: Inggris Cabut Pembatasan Covid-19, Klaim Gelombang Varian Omicron Telah Capai Puncak

Penjelasan epidemiolog

Menjawab pertanyaan ini, epidemiolog Griffith University Dicky Budiman menyebut, pandemi di negara itu masih jauh dari kata selesai.

"Yang jelas Inggris buruk manajemen pandeminya, dari awal buruk. Boris Jhonson ini dari sisi leadership dia banyak tidak berbasis science, tapi lebih ke memulihkan ekonomi. Itu prioritasnya, dan memakan banyak korban," jelas Dicky, saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Dia menyebut, Inggris menjadi negara maju dengan tingkat kematian, infeksi, dan long Covid yang terbilang tinggi di antara negara-negara maju lainnya.

"Bayangkan di antara negara-negara maju, kematian di Inggris akibat Covid, salah satu yang tertinggi, termasuk kasus infeksinya," sebut Dicky.

"Long Covid yang terdata salah satunya yang tertinggi di Inggris ini," tambah dia.

Baca juga: Apakah PPKM Jawa-Bali Diperpanjang? Ini Tren Lonjakan Kasus Covid-19

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.