Kompas.com - 12/04/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi mengajak anak berpuasa Unsplash/Bipin SaxenaIlustrasi mengajak anak berpuasa

KOMPAS.com - Mengenalkan puasa kepada anak bisa dilakukan sejak dini, sejak anak usia balita. 

Di masa ini, anak bisa diikutsertakan dalam berbagai kegiatan puasa. Seperti bangun sahur, menyiapkan sajian untuk berbuka, dan ikut larut dalam kegembiraan berbuka puasa.

Mengajak anak berpuasa sebenarnya mudah. Menurut Dwi Susilawati MA, psikolog RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, anak itu peniru ulung. Jadi orang tua hendaknya memberi contoh perbuatan, sehingga anak akan mengikuti dengan riang.

Seperti apakah cara terbaik mengajak anak berpuasa? Simak tips berikut ini.

Baca juga: Tidak Hanya Bersabar, Ini 5 Manfaat Melatih Puasa Anak Sejak Dini

Beri teladan yang baik

Karena anak peniru ulung, maka hendaknya lingkungan di sekitar anak bisa memberi contoh teladan yang baik dari waktu ke waktu.

Orang tua terutama, bisa mencontohkan beribadah puasa jika ingin mengajak anaknya ikut serta berpuasa.

Orang tua di sini haruslah lengkap, yaitu ayah dan ibu. Jangan hanya si ibu saja yang memberi contoh dan si ayah lalai, atau justru sebaliknya.

"Ibu dan ayah haruslah konsisten, kompak. Jangan satunya memberi contoh, namun satunya tidak. Nanti anak akan bingung dan bisa memilih yang tidak melakukan puasa," begitu papar Dwi Susilawati kepada Kompas.com, Senin (12/04/2021) petang. 

Baca juga: Tips Sehat Berbuka Puasa agar Terhindar dari Gangguan Pencernaan

Ajak bertahap

Karena kemampuan kognitif dan ketahanan tubuh anak berbeda-beda tergantung usianya, maka sebaiknya ajakan berpuasa ini dilakukan secara bertahap.

Mengajak anak mengolah sajian buka puasaUnsplash/Annie Spratt Mengajak anak mengolah sajian buka puasa

Untuk anak di bawah 7 tahun, Anda bisa menggunakan reward untuk mengajak anak andil dalam kegiatan puasa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X