[KLARIFIKASI] Foto Xanana Gusmao Membantu Korban Bencana Banjir di NTT

Kompas.com - 12/04/2021, 19:20 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah foto yang menampilkan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang sedang mengunjungi korban bencana banjir beredar di media sosial.

Terlihat Xanana hanya mengenakan kaos dan celana pendek sambil memikul satu kardus bantuan.

Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa foto itu diambil ketika Xanana membantu korban banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, foto tersebut perlu diklarifikasi, karena ketidaksesuaian foto dan narasi.

Foto tersebut memang menunjukkan Xanana sedang membawa bantuan korban bencana, tapi berlokasi di Dili, Timor Leste, dan bukan NTT.

Narasi yang beredar

Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Xanana Gusman sedang membawa bantuan banjir Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Xanana Gusman sedang membawa bantuan banjir

Adalah akun KNPBintanjayanews yang mengunggah foto itu di Facebook pada 9 April 2021.

Berikut isi unggahannya:

Mantan Pedana Mentri Timor Leste : Xanana Gusmao Peduli Musibah Banjir dan Longsor Di NTT

Jayapura - KNPBintanjayanews, Mantan perdana Mentri Timor Leste ke-4 Kay Rala Xanana Gusmao Rela datang dari negara Timor Leste ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membawa bantuan korban becana banjir dan longsor, beliau hendak memikulnya sendiri tanpa harus dibantu ajudannya (gambar dibawah).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X