[HOAKS] Alfamart Bagi-bagi Hadiah untuk Rayakan Toko Ke-1.000

Kompas.com - 12/04/2021, 15:43 WIB
Hoaks, link yang membagikan hadiah dengan klaim dari Alfamart. Alfamart menyatakan informasi itu tidak benar. FacebookHoaks, link yang membagikan hadiah dengan klaim dari Alfamart. Alfamart menyatakan informasi itu tidak benar.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang membagikan link untuk mendapatkan hadiah berupa komputer, telepon seluler, serta uang tunai dengan klaim dari Alfamart beredar di media sosial Facebook.

Alfamart disebut membagikan 100 unit komputer dan ponsel, serta 50 uang tunai dalam rangka perayaan pembukaan toko ke-1.000.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Pihak Alfamart menyatakan bahwa mereka tidak melakukan pembagian hadiah untuk merayakan pembukaan toko ke-1000, seperti yang disebutkan dalam link yang dibagikan itu.

Selain itu, semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau program hadiah oleh Alfamart hanya melalui website atau media sosial resmi milik Alfamart.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai link website untuk mendapatkan hadiah berupa komputer, telepon seluler, serta uang tunai dari Alfamart itu disebarkan oleh sebuah akun Facebook.

Adapun informasi tersebut disebarkan di grup Facebook BERITA & INFO SEPUTAR TANJUNG BALAI pada 31 Maret 2021.

Berikut narasi selengkapnya: 

Tangkapan layar hoaks link hadiah dari AlfamartScreenshot Facebook: Mhd Musa Farhan Tangkapan layar hoaks link hadiah dari Alfamart

Ketika link yang ditautkan pada pesan itu diklik, akan muncul website yang menampilkan foto toko dan pegawai Alfamart, serta keterangan sebagi berikut:

"Merayakan pembukaan toko ke-1.000. Lebih dari 100 komputer dan perangkat seluler, dan 50 hadiah uang tunai. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Tangkapan layar website palsu mengatasnamakan pembagian hadiah dari AlfamartScreenshot Tangkapan layar website palsu mengatasnamakan pembagian hadiah dari Alfamart

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X