Kompas.com - 12/04/2021, 15:30 WIB
Pengamatan hilal 1 Ramadhan 2021 oleh Observatorium Astronomi Itera Lampung. (FOTO: Dok. Humas Itera Lampung). KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYAPengamatan hilal 1 Ramadhan 2021 oleh Observatorium Astronomi Itera Lampung. (FOTO: Dok. Humas Itera Lampung).

KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan puasa Ramadhan pada pada Senin (12/4/2021) pukul 16.45 WIB.

Rencanannya Sidang Isbat tersebut akan dilakukan secara online dan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya’ban 1442 H,” terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Kapan Mulai Shalat Tarawih? Ini Jadwal Puasa Lengkap Ramadhan 2021 di Seluruh Indonesia

Berikut ini sejumlah hal yang perlu diketahui seputar Sidang Isbat 1 Ramadhan 2021:

Dihadiri perwakilan sejumlah lembaga dan ormas

Sidang akan digelar secara daring dan luring dihadiri oleh Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu ada juga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.

Sidang isbat juga dihadiri oleh perwakilan dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Adapun sejumlah ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama.

Ormas Islam yang lain akan mengikuti sidang secara daring.

Tak hanya itu, Sidang Isbat juga akan mengundang 29 duta besar negara sahabat.

Baca juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2021, Dimulai Pukul 16.45 WIB

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X