Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hasil Putusan MK soal Dugaan Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024

Kompas.com - 22/04/2024, 19:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Majelis Hakim Mahkmah Konstitusi (MK) menyampaikan hasil sidang putusan sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024, pada hari ini atau Senin (22/4/2024).

Beberapa hasil putusan MK hari ini memuat dugaan cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama Pilpres 2024 berlangsung.

Sebagai informasi, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju dalam kontestasi Pilpres 2024 bersama dengan Prabowo Subianto.

Sejak awal, pencalonannya menjadi kontroversi dan diduga mendapat dukungan dari ayahnya, Jokowi.

Baca juga: Profil Ketua MK Suhartoyo yang Pimpin Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Baca juga: Alasan MK Hanya Dalami 14 Amicus Curiae dari 52 yang Diterima

Hasil putusan MK Pilpres 2024 soal cawe-cawe Jokowi

Berikut hasil putusan MK soal dugaan cawe-cawe Jokowi pada Pilpres 2024:

1. Jokowi tak terbukti intervensi perubahan syarat capres cawapres

Dalam pembacaan putusan MK, Majelis Hakim MK menilai bahwa Jokowi tidak terbukti mengintervensi perubahan syarat pencalonan presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Pilpres 2024.

"Tidak ada bukti yang meyakinkan Mahkamah telah terjadi intervensi Presiden karena perubahan syarat pasangan calon tahun 2024,” kata hakim konstitusi Arief Hidayat, dilansir dari Kompas.com, Senin. 

Perubahan syarat pencalonan presiden dan wakil presiden tertuang dalam Putusan MK Nomor 90 Tahun 2023.

Arief menyampaikan, berlakunya syarat pencalonan presiden dan wakil presiden dalam Putusan MK Nomor 90 Tahun 2023 telah ditegaskan Mahkamah melalui Putusan MK Nomor 141 Tahun 2023, Putusan MK Nomor 145 Tahun 2023, dan Putusan MK Nomor 150 Tahun 2023.

Kendati putusan Majelis Kehormatan MK (MKMK) Nomor 2 Tahun 2023 menyatakan bahwa Ketua MK terdahulu, Anwar Usman, melakukan pelanggaran etik berat akibat Putusan MK Nomor 90 Tahun 2023, Arif berkata bahwa hal tersebut tidak membuktikan adanya cawe-cawe yang dilakukan Jokowi dalam perubahan syarat pencalonan capres cawapres 2024.

Baca juga: Alasan MK Tolak Permohonan Anies-Muhaimin, Intervensi Presiden dan Bansos Tak Terbukti

2. Pernyataan Jokowi cawe-cawe Pilpres 2024 tidak berkorelasi

MK juga menolak tuduhan pasangan capres cawapres Anies-Muhaimin yang mengatakan bahwa Jokowi ikut campur atau cawe-cawe dalam Pilpres 2024.

Diberitakan Kompas.com, Senin, MK menilai tidak ada korelasi antara pernyataan Jokowi yang mengaku ingin cawe-cawe dalam Pilpres 2024 terhadap hasil Pilpres 2024. 

"Mahkamah juga tidak mendapatkan bukti adanya korelasi antara bentuk cawe-cawe dimaksud dengan potensi perolehan suara salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu Tahun 2024," ungkap hakim MK Daniel Yusmic Foekh.

MK menilai bukti berupa artikel berita yang diberikan kubu Anies-Muhaimin pada saat persidangan tidak cukup kuat untuk membuktikan bahwa Jokowi melakukan kehendak cawe-cawe.

MK juga menolak dalil yang menyebut bahwa dukungan Jokowi terhadap salah satu kandidat dilakukan karena kegagalan wacana tiga periode.

Baca juga: LINK Live Streaming Pembacaan Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2024, Mulai Pukul 09.00 WIB

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com