Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Minum Jus Jeruk 40 Hari Diklaim Beri Manfaat Emosional, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 22/04/2024, 11:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang influencer asal Queensland, Australia, Anne Osbourne, membagikan pengalaman diet ekstrem hanya mengonsumsi jus jeruk selama 40 hari.

Osbourne, yang mengaku penganut fruitarian atau orang yang hanya mengonsumsi buah, mengungkap sejumlah manfaat setelah rutin minum jus jeruk.

"Ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Saya merasakan manfaat emosional, manfaat fisik, dan manfaat spiritual," ujarnya dalam unggahan Instagram @fruitisbeaut, Senin (25/3/2024).

Menurut dia, pengalaman tersebut membuatnya terkoneksi karena merasakan kesehatan fisik, energi, serta kebugaran yang luar biasa.

Jeruk memang dikenal sebagai buah kaya vitamin C yang memberikan banyak khasiat bagi tubuh, termasuk menjaga sistem kekebalan dan membantu penyerapan zat besi lebih optimal.

Lantas, bagaimana jika hanya mengonsumsi jus jeruk selama 40 hari?

Baca juga: Diet Water Fasting Disebut Ampuh Turunkan Berat Badan, Aman untuk Kesehatan?


Hanya minum jus jeruk picu masalah kesehatan

Dosen dan ahli gizi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo mengatakan, diet ekstrem hanya minum jus jeruk selama 40 hari tidak boleh diterapkan.

Bukan manfaat, hanya minum jus jeruk selama berhari-hari tanpa asupan makanan lain justru berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

"Kalau selama 40 hari hanya minum jus jeruk saja apalagi non-gula, itu sangat berbahaya. Andai kata dengan gula pun sangat berbahaya," ungkapnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/4/2024).

Toto menjelaskan, tubuh manusia setiap hari harus menerima asupan zat gizi rata-rata sebanyak 2.150 kilokalori (kkal) untuk orang dewasa.

Zat gizi tersebut terdiri dari makronutrien berupa karbohidrat, lemak, dan protein, serta mikronutrien yang meliputi vitamin dan mineral, ditambah dengan asupan air.

Pemenuhan kebutuhan zat gizi dalam sehari tersebut penting karena berguna untuk menunjang aktivitas harian, seperti bernapas, berjalan, hingga tidur.

Baca juga: 3 Jenis Buah yang Harus Dikurangi Saat Diet, Picu Kenaikan Berat Badan

Sementara itu, jus jeruk yang terbuat dari buah murni hanya mengandung vitamin dan mineral, serta karbohidrat jika dikonsumsi dengan tambahan gula.

Artinya, tidak ada asupan dua jenis makronutrien, yakni protein dan lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

"Ketika itu terjadi sehari, dua hari, tiga hari tidak ada masalah. Tetapi ketika sampai 40 hari, berarti cadangan glikogen dalam tubuh, cadangan lemak, protein, dikuras habis," kata Toto.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com