Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Suplemen Kesehatan Mencegah Kantuk Layaknya Kopi?

Kompas.com - 02/05/2024, 08:15 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini masa media sosial ramai memperbincangan suplemen kesehatan untuk mencegah kantuk yang dinilai bisa menggantikan kopi.

Topik tersebut bermula dari unggahan X (dulu Twitter) yang merekomendasikan salah satu suplemen multivitamin dengan vitamin C non-acidic dan mineral zink.

Warganet kemudian menimpali dan menyebut bahwa suplemen itu mungkin membantu mencegah mengantuk dibanding minum kopi.

"Akhir2 ini gw juga gampang banget ngantuk minum kopi jg gak mempan kayaknya ini ide yg menarik, makasih sender," tulis akun @aldapstsr, Sabtu (27/4/2024).

"Guys ini beneran bisa bikin ga gantuk? Sender cape bgt kerja suka ga fokus udah minum kopi 2 cup masi ngantuk. Btw ini punya temen sender ya, jd blm nyobain hehe," kata warganet lain dengan akun @tanyarlfes, Selasa (30/4/2024).

Lantas, bisakah mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menggantikan kopi dan mencegah kantuk?

Baca juga: 4 Suplemen untuk Menambah Nafsu Makan, Apa Saja?


Tidak ada kandungan pencegah kantuk di suplemen kesehatan

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Zullies Ikawati mengatakan, tidak ada kandungan zat dalam suplemen kesehatan seperti pada unggahan yang bertujuan membantu menahan rasa kantuk.

"Sebetulnya kalau dari isinya saja, tidak ada yang langsung menyebabkan mencegah kantuk," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/5/2024).

Zullies mengungkapkan, suplemen kesehatan tersebut berisi vitamin C sebanyak 500 miligram, vitamin B1 50 miligram, vitamin B2 25 miligram, vitamin B6 10 miligram, dan vitamin B12 sebanyak 5 mikrogram.

Suplemen yang dimaksud juga mengandung kalsium pantotenat sejumlah 20 miligram, niasinamida 50 miligram, dan zink sebanyak 10 miligram.

Menurut Zullies, semua kandungan dalam suplemen bersifat umum untuk memelihara kesehatan.

Bukan langsung membantu mencegah mengantuk, vitamin dan mineral dalam setiap butirnya itu diperlukan untuk menunjang proses metabolisme tubuh.

"Mungkin karena rasa sehat itu yang bikin jadi tidak mengantuk," ucap Zullies.

Baca juga: 7 Suplemen dan Obat yang Bisa Memicu Asam Lambung, Apa Saja?

Rasa kantuk bisa dicegah dengan kafein

Ilustrasi multivitamin. Suplemen kesehatan untuk mencegah kantuk.Unsplash/Adam Niescioruk Ilustrasi multivitamin. Suplemen kesehatan untuk mencegah kantuk.

Dia melanjutkan, kandungan yang biasanya digunakan untuk mencegah rasa kantuk adalah kafein, yang terdapat dalam minuman kopi.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com